Evaluasi Program Pelatihan Meningkatkan Peran Serta Orang Tua dalam Membimbing Anak Belajar pada Masa Covid-19
- Oleh Ni Putu Diah Mahendri Dewi
- Friday 31/07/2020
- Kelompok 120, Kelompok, Kelompok
Rangkaian kegiatan untuk mengevaluasi program “Pelatihan Meningkatkan Peran Serta Orang Tua dalam Membimbing Anak Belajar pada Masa Covid-19” dilakukan secara bertahap. Setelah kelima masyarakat sasaran mengisi kuesioner atau angket yang telah diberikan mahasiswa pada 28 Juli 2020, mahasiswa merangkum dan mengolah data yang telah terkumpul. Mahasiswa menggunakan kuesioner tertutup dengan skala likert untuk mengukur sikap dan pendapat masyarakat sasaran (responden) terhadap program yang diberikan mahasiswa. Dalam menjawab kuesioner, terdapat lima pilihan jawaban untuk mengukur tingkat persetujuan masyarakat sasaran atas pernyataan yang dibuat mahasiswa. Untuk menterjemahkan hasil skala likert, mahasiswa menggunakan analisis interval, sehingga setiap pilihan jawaban memiliki bobot nilai. Kelima pilihan jawaban serta bobot nilai masing-masing pilihan dapat dijabarkan sebagai berikut:
- Sangat Setuju, diberi nilai 5
- Setuju, diberi nilai 4
- Ragu, diberi nilai 3
- Tidak Setuju, diberi nilai 2
- Sangat Tidak Setuju, diberi
nilai 1.
Hasil
dari pengisian kuesioner oleh masyarakat sasaran dan setelah diterjemahkan menggunakan
analisis interval, didapatkan bahwa kedelapan poin pernyataan yang
diberikan mahassiwa mendapatkan 3 indeks(%) utama yang terdiri atas 84%, 88%
dan 92%. Sesuai dengan interval penilaian yang telah disusun, ketiga indeks
utama tersebut menunjukkan bahwa masyarakat sasaran SANGAT SETUJU dengan
pernyataan yang diberikan mahasiswa. Berikut penjabaran pernyataan tersebut:
- Pernyataan, “Setelah mengetahui
gaya belajar anak, membantu orang tua dalam membimbing anak belajar lebih
maksimal” mendapatkan indeks 88%, sehingga dapat disimpulkan masyarakat
sasaran SANGAT SETUJU bahwa setelah mengetahui gaya belajar anak, membantu
orang tua dalam membimbing anak belajar lebih maksimal.
- Pernyataan “Setelah memahami
peran orang tua dalam proses belajar anak, meningkatkan semangat orang tua
untuk membimbing anak dalam belajar” mendapat indeks 92%, sehingga dapat
disimpulkan masyarakat sasaran SANGAT SETUJU bahwa setelah memahami peran
orang tua dalam proses belajar anak, meningkatkan semangat orang tua untuk
membimbing anak dalam belajar.
- Pernyataan, “Ulasan bimbel
online Ruang Guru dan Zenius menambah alternatif pembelajaran untuk anak”
mendapat indeks 84%, sehingga dapat disimpulkan masyarakat sasaran SANGAT
SETUJU bahwa ulasan bimbel online Ruang Guru dan Zenius menambah
alternatif pembelajaran untuk anak mereka.
- Pernyataan, "Ulasan bimbel
online Zenius dan Ruang Guru membuat orang tua ingin menggunakan kedua
atau salah satu aplikasi untuk kegiatan belajar anak" mendapat indeks
84%, sehingga dapat disimpulkan masyarakat sasaran SANGAT SETUJU bahwa
ulasan mengenai bimbel online Zenius dan Ruang Guru membuat orang tau
(masyarakat sasaran) ingin menggunakan kedua atau salah satu bimbel online
tersebut.
- Pernyataan, "Pelatihan
menggunakan aplikasi Zenius membantu orang tua dan anak mengaplikasikan
aplikasi Zenius untuk dijadikan alternatif pembelajaran" mendapat
indeks 84%, sehingga dapat disimpulkan masyarakat sasaran SANGAT SETUJU
bahwa pelatihan menggunakan aplikasi Zenius dapat membantu orang tua
(masyarakat sasaran) dan anak untuk mengaplikasikan aplikasi tersebut
dalam kegiatan pembelajaran di rumah. Pernyataan ini juga didukung dengan
pendapat langsung dari salah satu masyarakat sasaran yang telah mencoba
menggunakan aplikasi Zenius, pada saat melakukan panggilan video beliau
menyampaikan bahwa dengan adanya ulasan dan pelatihan penggunaan aplikasi
Zenius, anaknya dapat lebih mudah memahami materi pelajaran yang sulit
dipahami jika hanya membaca buku.
- Pernyataan, "Program
pelatihan yang telah dilaksanakan memberikan dampak positif bagi orang tua
dalam membimbing anak belajar" mendapat indeks 92%, sehingga
dapat disimpulkan masyarakat sasaran SANGAT SETUJU bahwa program pelatihan
yang telah diberikan dan dilaksanakan bersama selam berlangsungnya program
KMbD memberi dampak positif bagi orang tua (masyarakat sasaran) dalam
membimbing anak mereka belajar.
- Pernyataan "Informasi yang
didapat selama pelatihan akan tetap dipelajari serta diaplikasikan dalam
membimbing anak belajar" mendapat indeks 88%, sehingga dapat
disimpulkan masyarakat sasaran SANGAT SETUJU bahwa informasi yang didapat
selama pelatihan akan tetap dipelajari dan diaplikasikan dalam membimbing
anak belajar.
- Pernyataan "Program KKN
yang telah terlaksana perlu penambahan informasi untuk membantu orang tua
dalam membimbing anak belajar" mendapat indeks 92%, sehingga dapat
disimpulkan masyarakat sasaran SANGAT SETUJU bahwa mahasiswa perlu
menambah infromasi yang akan dibagikan kepada masyarakat sasaran.
Pernyataan ini juga didukung dengan adanya kritik dan saran dari beberapa
masyarakat sasaran, seperti "Selalu buat inovasi baru untuk
pembelajaran anak-anak, sehingga bisa membantu orang tua mengajar
anak-anak dirumah" dan "Lebih banyak lagi program yang diberikan
dan lebih beragam agar bisa diterapkan oleh orang tua murid".
Berdasarkan penjabaran diatas, dapat ditarik sebuah simpulan terkait pelaksanaan program KMbD tahun 2020 yang berjudul " Pelatihan Meningatkan Peran Serta Orang Tua dalam Membimbing Anak Belajar pada Masa Covid-19" bahwa pelaksanaan program telah berjalan sesuai dengan tujuan pelaksanaannya program yang disusun mahasiswa dan serangkaian tahapan pelaksanaan program telah memberi dampak positif terhadap peran orang tua dalam membimbing anak belajar pada masa Covid-19.