Evaluasi Program Pelatihan Meningkatkan Peran Serta Orang Tua dalam Membimbing Anak Belajar pada Masa Covid-19

            Rangkaian kegiatan untuk mengevaluasi program “Pelatihan Meningkatkan Peran Serta Orang Tua dalam Membimbing Anak Belajar pada Masa Covid-19” dilakukan secara bertahap. Setelah kelima masyarakat sasaran mengisi kuesioner atau angket yang telah diberikan mahasiswa pada 28 Juli 2020,  mahasiswa merangkum dan mengolah data yang telah terkumpul. Mahasiswa menggunakan kuesioner tertutup dengan skala likert untuk mengukur sikap dan pendapat masyarakat sasaran (responden) terhadap program yang diberikan mahasiswa. Dalam menjawab kuesioner, terdapat lima pilihan jawaban untuk mengukur tingkat persetujuan masyarakat sasaran atas pernyataan yang dibuat mahasiswa. Untuk menterjemahkan hasil skala likert, mahasiswa menggunakan analisis interval, sehingga setiap pilihan jawaban memiliki bobot nilai. Kelima pilihan jawaban serta bobot nilai masing-masing pilihan dapat dijabarkan sebagai berikut:

  • Sangat Setuju, diberi nilai 5
  • Setuju, diberi nilai 4
  • Ragu, diberi nilai 3
  • Tidak Setuju, diberi nilai 2
  • Sangat Tidak Setuju, diberi nilai 1.

        Hasil dari pengisian kuesioner oleh masyarakat sasaran dan setelah diterjemahkan menggunakan  analisis interval, didapatkan bahwa kedelapan poin pernyataan yang diberikan mahassiwa mendapatkan 3 indeks(%) utama yang terdiri atas 84%, 88% dan 92%. Sesuai dengan interval penilaian yang telah disusun, ketiga indeks utama tersebut menunjukkan bahwa masyarakat sasaran SANGAT SETUJU dengan pernyataan yang diberikan mahasiswa. Berikut penjabaran pernyataan tersebut:

  1. Pernyataan, “Setelah mengetahui gaya belajar anak, membantu orang tua dalam membimbing anak belajar lebih maksimal” mendapatkan indeks 88%, sehingga dapat disimpulkan masyarakat sasaran SANGAT SETUJU bahwa setelah mengetahui gaya belajar anak, membantu orang tua dalam membimbing anak belajar lebih maksimal.
  2. Pernyataan “Setelah memahami peran orang tua dalam proses belajar anak, meningkatkan semangat orang tua untuk membimbing anak dalam belajar” mendapat indeks 92%, sehingga dapat disimpulkan masyarakat sasaran SANGAT SETUJU bahwa setelah memahami peran orang tua dalam proses belajar anak, meningkatkan semangat orang tua untuk membimbing anak dalam belajar.
  3. Pernyataan, “Ulasan bimbel online Ruang Guru dan Zenius menambah alternatif pembelajaran untuk anak” mendapat indeks 84%, sehingga dapat disimpulkan masyarakat sasaran SANGAT SETUJU bahwa ulasan bimbel online Ruang Guru dan Zenius menambah alternatif pembelajaran untuk anak mereka.
  4. Pernyataan, "Ulasan bimbel online Zenius dan Ruang Guru membuat orang tua ingin menggunakan kedua atau salah satu aplikasi untuk kegiatan belajar anak" mendapat indeks 84%, sehingga dapat disimpulkan masyarakat sasaran SANGAT SETUJU bahwa ulasan mengenai bimbel online Zenius dan Ruang Guru membuat orang tau (masyarakat sasaran) ingin menggunakan kedua atau salah satu bimbel online tersebut.
  5. Pernyataan, "Pelatihan menggunakan aplikasi Zenius membantu orang tua dan anak mengaplikasikan aplikasi Zenius untuk dijadikan alternatif pembelajaran" mendapat indeks 84%, sehingga dapat disimpulkan masyarakat sasaran SANGAT SETUJU bahwa pelatihan menggunakan aplikasi Zenius dapat membantu orang tua (masyarakat sasaran) dan anak untuk mengaplikasikan aplikasi tersebut dalam kegiatan pembelajaran di rumah. Pernyataan ini juga didukung dengan pendapat langsung dari salah satu masyarakat sasaran yang telah mencoba menggunakan aplikasi Zenius, pada saat melakukan panggilan video beliau menyampaikan bahwa dengan adanya ulasan dan pelatihan penggunaan aplikasi Zenius, anaknya dapat lebih mudah memahami materi pelajaran yang sulit dipahami jika hanya membaca buku.
  6. Pernyataan, "Program pelatihan yang telah dilaksanakan memberikan dampak positif bagi orang tua dalam membimbing anak belajar" mendapat indeks 92%, sehingga dapat disimpulkan masyarakat sasaran SANGAT SETUJU bahwa program pelatihan yang telah diberikan dan dilaksanakan bersama selam berlangsungnya program KMbD memberi dampak positif bagi orang tua (masyarakat sasaran) dalam membimbing anak mereka belajar.
  7. Pernyataan "Informasi yang didapat selama pelatihan akan tetap dipelajari serta diaplikasikan dalam membimbing anak belajar" mendapat indeks 88%, sehingga dapat disimpulkan masyarakat sasaran SANGAT SETUJU bahwa informasi yang didapat selama pelatihan akan tetap dipelajari dan diaplikasikan dalam membimbing anak belajar.
  8. Pernyataan "Program KKN yang telah terlaksana perlu penambahan informasi untuk membantu orang tua dalam membimbing anak belajar" mendapat indeks 92%, sehingga dapat disimpulkan masyarakat sasaran SANGAT SETUJU bahwa mahasiswa perlu menambah infromasi yang akan dibagikan kepada masyarakat sasaran. Pernyataan ini juga didukung dengan adanya kritik dan saran dari beberapa masyarakat sasaran, seperti "Selalu buat inovasi baru untuk pembelajaran anak-anak, sehingga bisa membantu orang tua mengajar anak-anak dirumah" dan "Lebih banyak lagi program yang diberikan dan lebih beragam agar bisa diterapkan oleh orang tua murid".

       Berdasarkan penjabaran diatas, dapat ditarik sebuah simpulan terkait pelaksanaan program KMbD tahun 2020 yang berjudul " Pelatihan Meningatkan Peran Serta Orang Tua dalam Membimbing Anak Belajar pada Masa Covid-19" bahwa pelaksanaan program telah berjalan sesuai dengan tujuan pelaksanaannya program yang disusun mahasiswa dan serangkaian tahapan pelaksanaan program telah memberi dampak positif terhadap peran orang tua dalam membimbing anak belajar pada masa Covid-19.

Tentang Penulis