EVALUASI SOSIALISASI DAN PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK PELAKU USAHA UMKM DI DESA KALIBUKBUK

    Pada tanggal 26 sampai dengan tanggal 28 Juli telah dilaksanakan evaluasi yakni dengan memberikan beberapa pertanyaan berkaitan dengan evaluasi program di minggu pertama, minggu kedua, dan minggu ketiga. Pada evaluasi ini tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman masyarakat sasaran dan efektivitasnya program kerja utama yang dilaksanakan selama 3 minggu terakhir ini. Secara umum masyarakat sasaran sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang dilaksanakan selama 3 minggu ini.

Hasil evaluasi di minggu pertama diperoleh hasil sebagai berikut :

  1. Masyarakat sasaran telah memahami cara-cara pemasaran secara digital
  2. Program diminggu pertama terlaksana secara lancar dan tidak ada kendala

Hasil evaluasi di minggu kedua diperoleh hasil sebagai berikut :

  1. Masyarakat sasaran sudah memahami cara membuat akun bisnis di instagram, walaupun ada sedikit kendala di teknis saat membuat akun, namun penulis rasa itu merupakan hal yang wajar sering terjadi dan tentunya sudah dapat diatasi
  2. Masyarakat sasaran sudah memahami cara membuat konten promosi

Hasil evaluasi di minggu ketiga diperoleh hasil sebagai berikut :

  1. Masyarakat sasaran telah mempraktikan cara menggunakan akun instagram dan juga membuat konten promosi hasil pelatihan diminggu kedua 
  2. Masyarakat sasaran juga sudah memahami cara membuat logo usaha dengan memanfaatkan aplikasi canva

    Berdasarkan hasil evaluasi tersebut dapat disimpulkan bahwa secara umum program utama yang telah dilaksanakan selama 3 minggu berhasil dilaksanakan, serta masyarakat sasaran antusias mengikuti kegiatan yang telah dilaksanakan.

Tentang Penulis