Evaluasi Terhadap Program Pelatihan Penggunaan Powtoon

Memasuki minggu keempat, kegiatan evaluasi dilakukan dengan melihat hasil video yang sudah dibuat oleh masyarakat sasaran dan juga pendapat masyarakat terhadap kegiatan yang telah dilakukan selama ini. Evaluasi ini dilakukan dari tanggal 26 Juli hingga 27 Juli. Penulis meminta masyarakat untuk mengirimkan link video mereka ke whatsapp atau email penulis. Dari situ, penulis dapat melihat hasil video yang telah dikerjakan oleh masyarakat sasaran. Hampir seluruh masyrakat sudah bisa membuat video dengan memanfaatkan fitur-fitur yang sudah penulis ajarkan dalam video tutorial, walaupun masih ada beberapa yang hanya menggunakan template yang sudah tersedia dan tinggal mengganti tulisannya. Namun, penulis sangat mengapresiasi usaha  masyarakat sasaran yang bersedia untuk belajar dan mengusahakan sebaik mungkin dalam pembuatan videonya di powtoon.

Selain dari melihat hasil video yang telah dibuat, penulis juga membagikan formulir evaluasi melalui grup whatsapp untuk mengetahui pengalaman serta pendapat mereka mengenai kegiatan yang telah diikuti selama ini. Dari jawaban yang penulis dapatkan, empat orang masyrakat menganggap bahwa penjelasan penulis dalam video tutorial sudah cukup mudah untuk dipahami. Sedangkan satu orang lainnya masih menganggap kurang mudah untuk dipahami. Penulis juga mendapat jawaban atas kendala yang mereka alami selama mengikuti kegiatan, yaitu masalah sinyal, laptop, dan waktu. Dari proses evaluasi ini, penulis mengetahui bahwa seluruh masyarakat sasaran memiliki ketertarikan dan pandangan yang positif terhadap platform ini. Empat orang masyrakat sasaran mengatakan akan menggunakan powtoon sebagai salah satu media pembelajaran kedepannya, sedangkan satu orang sisanya mengatakan tidak akan menggunakan powtoon sebagai media pembelajaran karena terdapat fitur yang tidak bisa ia manfaatkan sebagai pengguna gratis, yaitu mengekspor hasil video kedalam format mp4.

Kegiatan evaluasi ini sangat perlu dilakukan untuk melihat apakah program yang dijalankan penulis berhasil atau tidak, apakah masyarakat sasaran mendapat manfaat dari program ini atau tidak, serta untuk melihat kekurangan dan kelebihan dari program yang penulis jalankan. Setelah selesai melakukan evaluasi, maka berakhirlah rangkaian kegiatan pelatihan penggunaan powtoon ini. Penulis juga tidak lupa untuk mengucapkan salam penutup dan ucapan terima kasih kepada kelima orang guru yang telah bersedia menjadi masyarakat sasaran penulis. 

Tentang Penulis