Finalisasi Konten Blog
- Oleh Kadek Dian Anggreni Pratini
- Monday 03/08/2020
- Kelompok 173, Kelompok, Kelompok
Dalam pelaksanaan KMbD Tahun
2020, Berikut saya lampirkan Kegiatan Yang Telah Dilaksanakan Selama 5 Minggu
Sesuai Dengan Project KMbD yang sudah dibuat:
1.
Tahap Persiapan 1 di Minggu Pertama
Kegiatan yang dilaksanakan minggu pertama pada
Rabu, 08 Juli 2020 merupakan Tahap Persiapan 1. Kegiatan yang dilaksanakan
yaitu pembuatan materi dalam bentuk video yang akan disampaikan kepada
masyarakat sasaran. Materi dalam bentuk video ini dibuat menggunakan kamera HP
dan diedit menggunakan aplikasi Inshot. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk
mempermudah penyampaian materi kepada masyarakat sasaran.
2.
Tahap Pesiapan 2 di Minggu Pertama
Tahap
persiapan kedua pada minggu pertama dilaksanakan hari Kamis, 09 Juli 2020
yang terdiri dari dua kegiatan yaitu :
1. Pembuatan grup WhatsApp.
Kegiatan ini dilaksanakan melalui aplikasi WhatsApp, yang bertujuan untuk
mempermudah mahasiswi sebagai pengusul program kerja dengan masyarakat sasaran
dalam berkomunikasi dan berdiskusi, memberikan informasi serta membagikan dan
menyampaikan materi-materi mengenai kegiatan KMbD yang akan dilaksanakan.
2. Koordinasi tempat dan jadwal pelaksanaan program kegiatan KMbd. Kegiatan ini dilaksanakan melalui grup WhatsApp. Koordinasi tempat ini bertujuan agar mahasiswi sebagai pengusul program kerja dengan masyarakat sasaran dapat menyepakati media yang akan digunakan dalam melaksanakan program kerja dan koordinasi jadwal diperlukan agar tidak berbenturan dengan kegiatan lain.
Adapun bukti screenshoot chat dengan masyarakat sasaran tersedia dalam link sebagai berikut:
https://drive.google.com/drive/folders/1oBYDtOY-jy3u4jpgvAQxeI-Jgj_Lc_KE?usp=sharing
3.
Tahap Pelaksanaan Kegiatan 1 Minggu Pertama
Pada hari Sabtu, 11 Juli 2020 merupakan Tahap pelaksanaan kegiatan 1 di minggu pertama setelah melakukan tahap persiapan sebelumnya. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu memberikan sosialisasi mengenai strategi bisnis online dalam menghadapi COVID-19. Penyampaian materi sosialisasi melalui video yang di share melalui grup WhatsApp. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat sasaran mengenai strategi yang bisa digunakan selama pandemi COVID-19 agar bisa tetap berjualan meskipun keadaan masih belum normal kembali.
Adapun Materi dalam bentuk video tertera dalam link sebagai berikut:
https://drive.google.com/file/d/1fSEExMKlBVmEOjwqV4SL64RK7V06ZgTO/view?usp=drivesdk
4. Tahap
Persiapan 1 di Minggu Kedua
Pada
hari Rabu, 15 Juli 2020 merupakan tahap persiapan sebelum melakukan survey pasar secara online. Kegiatan yang dilakukan pada tahap
ini yaitu mempersiapkan materi pelatihan yang akan disampaikan kepada
masayarakat sasaran. Materi yang disampaikan yaitu mengenai tutorial membuat google form yang akan digunakan untuk
melakukan survey pasar yang
telah disusun dalam microsoft word. Proses pembuatan materi tersebut dengan
mencari referensi di internet dan disusun menggunakan bahasa yang mudah
dipahami. Tujuan dari pembuatan materi ini yaitu agar masyarakat sasaran
mengetahui cara membuat google form sehingga
dapat memudahkan dalam melakukan survey pasar
secara online.
5.
Tahap Persiapan 2 di Minggu Kedua
Pada Hari Kamis, 16 Juli 2020 merupakan tahap persiapan sebelum melakukan pelatihan survey pasar secara online. Pada tahap ini dilaksanakan kegiatan memberikan materi kepada masyarakat sasaran mengenai tutorial membuat google form yang telah disusun melalui Microsoft Word dan di share melalui Grup WhatsApp. Kegiatan ini dilaksanakan sebelum masyarakat sasaran membuat google form untuk melakukan survey pasar secara online. Kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat sasaran mengenai pembuatan google form.
Berikut materi terkait Tutorial Membuat google form tersedia pada link sebagai berikut:
https://drive.google.com/file/d/1-7gxX6UzoOWa5SBgQeoTQKbP8sQi5_BG/view?usp=drivesdk
6.
Tahap Pelaksanaan Kegiatan 2 Minggu Kedua
Pada minggu kedua di hari Sabtu, 18 Juli 2020 merupakan tahap pelaksanaan kegiatan dari projek KMbD yang kedua. Dalam kegiatan ini dilaksanakan pelatihan dan pendampingan membuat google form. Yang bertujuan untuk melakukan survey pasar secara online sehingga nantinya masyarakat sasaran yang sedang menjalankan bisnis online mengetahui apa produk yang diminati masyarakat selama pandemi sampai menuju era new normal. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan bisa membantu masyarakat sasaran untuk melakukan penjualan yang lebih mengarah ke hal yang menguntungkan kedepannya. Sebelumnya saya menyampaikan kepada masyarakat sasaran untuk dokumentasi pelaksanaan kegiatannya hanya dengan mengirimkan foto saja tetapi masyarakat sasaran meminta agar didampingi melalui video call, dengan demikian Kegiatan pada tahap kedua ini dilaksanakan dengan melakukan video call melalui Aplikasi WhatsApp, hal ini dilakukan agar memudahkan masyarakat sasaran dalam bertanya tentang kesulitan yang dialami saat membuat google form dan hal yang belum dipahami terkait dengan materi yang sudah diberikan sebelumnya. Pelaksanaan kegiatan ini dibagi ke dalam 2 sesi yaitu pada sesi pertama dilaksanakan kurang lebih pada pukul 17.00-18.00 dan sesi yang kedua dilaksanakan kurang lebih pada pukul 18.00-19.00.
Adapun Bukti foto pelaksanaan kegiatan pelatihan dan pendampingan membuat google form tersedia pada link sebagai berikut: https://drive.google.com/drive/folders/1w0sVWIX-g1nScNiQzaglnPIIi31KsFxu?usp=sharing
7.
Tahap Pelaksanaan Kegiatan 3 Minggu Ketiga
Pada hari Rabu, 22 Juli 2020 merupakan tahap pelaksanaan kegiatan yang ketiga, sebenarnya jadwal yang telah saya buat di prosposal sebelumnya kegiatan ini dilaksanakan pada minggu kedua tetapi karena adanya benturan dengan kegiatan lain maka dari itu saya sebagai mahasiswi pengusul program kerja mengundur kegiatan ini dan dilaksanakan pada minggu ketiga. kegiatan yang dilaksanakan ini yaitu diskusi mengenai barang atau produk yang akan dijual oleh masyarakat sasaran tersebut melalui chat via Grup WhatsApp. Tujuan dari dilaksanakan kegiatan diskusi ini yaitu agar saya sebagai pengusul program kerja mengetahui barang yang akan dijual oleh masyarakat sasaran dan agar produk yang dijual tersebut bisa berhasil dan sukses kedepannya sehingga nanti ditahap akhir kegiatan masyarakat dapat mengirimkan bukti penjualannya ataupun bukti orderan dari produk yang dijual tersebut.
Adapun bukti screenshoot chat pelaksanaan kegiatan tersedia pada link Sebagai Berikut:
https://drive.google.com/drive/folders/1VXvAxjUWI-Cojfx7emhjjTu7mraBlTGX?usp=sharing
8. Tahap
Persiapan 1 Di Minggu Ketiga
Pada hari Jumat, 24 Juli 2020 merupakan Tahap Persiapan yang dilakukan pada minggu ketiga sebelum melaksanakan kegiatan pembuatan template oleh masyarakat sasaran. Kegiatan yang dilaksanakan pada tahap ini yaitu proses pembuatan video tutorial (membuat template). Dalam pembuatan video tutorial ini direkam menggunakan kamera HP dan diedit menggunakan aplikasi Inshot untuk menambahkan musik. Tujuan dari dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk mempermudah saya sebagai mahasiswi pengusul program kerja dalam menyampaikan bagaimana cara membuat template kepada masyarakat sasaran.
Adapun Video tutorial tersebut tersedia pada link sebagai berikut:
https://drive.google.com/file/d/1acWQxcNVb-3-0vYkii83PYgTKBJYWDEk/view?usp=sharing
9. Tahap
Persiapan 2 Di Minggu Ketiga
Pada hari Jumat, 24 Juli 2020 merupakan tahap persiapan di minggu ketiga sebelum melaksanakan kegiatan membuat template oleh masyarakat sasaran. Pada tahap ini kegiatan yang dilaksanakan yaitu pemberian video tutorial membuat template kepada masyarakat sasaran yang di share melalui grup WhatsApp dan menginformasikan terkait dokumentasi dalam pelaksanaan kegiatan. Kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat sasaran dalam membuat template untuk memasarkan produk yang dijual.
Adapun Video tutorial tersebut tersedia pada link sebagai berikut:
https://drive.google.com/file/d/1ZsXJa2HJn_XfSEvnJGYqF2VLrig5Jy-3/view?usp=sharing
10.
Tahap Pelaksanaan Kegiatan 4 Minggu Keempat
Pada hari senin, 27 Juli merupakan tahap pelaksanaan kegiatan keempat di minggu keempat. Pada tahap ini kegiatan yang dilaksanakan yaitu pelatihan membuat template oleh masyarakat sasaran untuk memasarkan produk yang dijual. Tujuan dari dilaksanakan kegiatan ini yaitu agar masyarakat sasaran dalam memasarkan produknya lebih diminati oleh masyarakat yang membelinya. Kegiatan yang dilaksanakan ini tidak ada pendampingan melalui video call tetapi masyarakat sasaran membuat template dengan video materi yang sudah diberikan sebelumnya. Saya sebagai mahasiswi pengusul program kegiatan hanya memantau dari grup whatsapp dan menanyakan terkait pelaksanaan kegiatan tersebut. Tetapi setelah menunggu dan mendapat respon dari masyarakat sasaran bahwa kegiatan pelatihan tersebut sudah dilaksanakan secara mandiri dari masing-masing masyarakat sasaran tanpa dibimbing lagi oleh saya sebagai mahasiswi pengusul program kegiatan, hal inimungkin dari video yang sudah saya berikan tersebut jelas dan mudah dipahami.
Dokumentasi foto pelaksanaan kegiatan membuat template tersedia pada link sebagai berikut:
https://drive.google.com/drive/folders/1WupPTdo8LX_aX2oSuDPboJfh2pgt7APH?usp=sharing
11.
Tahap Pelaksanaan
Kegiatan Sesudah Membuat Template
Pada hari Selasa, 28 Juli 2020 merupakan tahap pelaksanaan kegiatan sesudah membuat template. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu mempromosikan produk oleh masyarakat sasaran. Kegiatan promosi yang dilaksanakan ini dengan memposting template yang sudah dibuat sebelumnya di media sosial, dengan tujuan dilaksanakan kegiatan ini yaitu agar masyarakat sasaran dapat menjangkau masyarakat yang ingin membeli produk yang dijual, sehingga dengan melihat postingan tersebut ada yang minat dan berkeinginan untuk membeli produk yang dijual oleh masyarakat sasaran tersebut.
adapun dokumentasi screenshoot foto promosi yang dilakukan oleh masyarakat sasaran tersedia pada link sebagai berikut:
https://drive.google.com/drive/folders/1PwxOKPg-PuwuSZPwiuWrh0GU_N_yXGEf?usp=sharing
12. Tahap
Pelaksanaan 5 Minggu Kelima
Pada hari Minggu, 2 Agustus 2020 merupakan tahap pelaksanaan kegiatan 5 pada minggu kelima. pada tahap ini kegiatan yang dilaksanakan yaitu memberikan evaluasi terkait kegiatan program kerja KMbD yang telah dilaksanakan selama 4 minggu dan merupakan kegiatan terakhir dalam pelaksanaan KMbD. Kuisioner evaluasi ini saya berikan kepada masyarakat sasaran yang di share melalui Grup WhatsApp. Tujuan dilaksanakan kegiatan evaluasi ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana pemahaman masyarakat sasaran mengenai materi yang sudah di berikan dan di sampaikan serta menyimpulkan kegiatan yang telah dilaksanakan selama 4 minggu tersebut berhasil atau gagal. Kuisioner tersebut berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai kegiatan yang telah dilaksanakan selama 4 minggu. berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan kepada masyarakat sasaran sangat memuaskan, hal ini terlihat dari responden masyarakat sasaran yang mengatakan bahwa pelaksanaan KMbD ini sangat bermanfaat, kegiatan yang dilaksanakan selama 4 minggu berjalan dengan baik dan lancar, kegiatan yang dilaksanakan ini sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat sasaran, materi yang telah disampaikan dan diberikan jelas dan mudah dipahami, menambah pengetahuan dalam berbisnis online selama pandemi COVID-19 menuju era new normal, penilaian masyarakat sasaran terhadap kegiatan yang dilaksanakan sangat baik dan terarah, serta dari pelaksanaan kegiatan ini membuat bisnis online masyarakat sasaran berhasil mencapai target yang diinginkan.
Kuisioner Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan KMbD via Google Form tersedia pada link sebagai berikut:
https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSccNJoQgtUs3dhTWzzm7ZcxOrvvqxtuSKl92aW9Yc8jOfhprw/viewform
Hasil responden masyarakat sasaran mengenai evaluasi tersedia pada link sebagai berikut:
https://drive.google.com/drive/folders/14r9aEnJ5JiA8yQRraPfhoAqZz6ugNACE?usp=sharing
Dokumentasi Bukti orderan penjualan produk masyarakat sasaran tersedia pada link sebagai berikut:
https://drive.google.com/drive/folders/19sS4MCTN_fipPuPFFovotHP-XWMkEHn6?usp=sharing
Akhir kata saya
ucapkan terimakasih kepada masyarakat sasaran yang sudah bersedia ikut serta
dalam pelaksanaan kegiatan KMbD selama kurang lebih 5 Minggu dan sudah membantu
dalam melancarkan pelaksanaan KMbD ini. Sesuai dengan hasil responden evaluasi
dari masyarakat sasaran bahwa kegiatan KMbD ini sangat menguntungkan bagi semua
belah pihak.