Forum Diskusi Via Daring

Forum Diskusi Via Daring

Minggu Pertama KMbD (KKN Mandiri berbasis Daring) diawali dengan Forum Diskusi Via Daring yang dilaksanakan pada 6 July 2020 hingga 7 July 2020. Adapun kegiatan yang dilaksanakan:

1. Membuat Whatsapp Group 

Senin, 6 July 2020 pukul 10.00 – 11.00 WITA merupakan hari pertama pelaksanaan KMbD 2020. Kegiatan yang dilakukan adalah membuat group diskusi menggunakan aplikasi Whatsapp Group yang berisikan masyarakat sasaran yang berasal dari berbagai desa dan saya Tia Kertiani sebagai penanggung jawab Projek KMbD 2020 ini. Group Whatsapp dibuat untuk mempermudah dalam hal komunikasi dan pembagian materi selama KMbD berlangsung.

Kegiatan selanjutnya adalah memberikan informasi mengenai jadwal kegiatan, materi yang akan diberikan, dan media yang akan digunakan selama KMbD berlangsung. Informasi tersebut diberikan dalam bentuk power point kepada masyarakat sasaran.

Link power point KMbD 2020.

https://drive.google.com/file/d/1o_aDc27oFMO8mM6zo9uPgdcqTdLRRX8q/view?usp=sharing

Note: Gambar 1 - Gambar 3

2. Membahas Usaha yang Dijalankan dan Permasalahan yang Dihadapi Selama Pandemi Covid-19

Selasa, 7 July 2020 dilaksanakan kembali Forum Diskusi Via Daring. Kegiatan pada hari Kedua KMbD 2020 ini membahas mengenai usaha yang dijalan masyarakat sasaran dan permasalahan yang dihadapi selama Pandemi Covid-19. Forum Diskusi ini masih menggunakan media Group Whatsapp sebagai wadah diskusi bersama masyarakat sasaran. Diskusi dimulai pada pukul 10.00 – 11.00 WITA.  

Adapun hasil dari diskusi:

1. Usaha yang dijalankan masyarakat sasaran adalah bisnis online di bidang kuliner

2. Permasalahan yang dihadapi selama Pandemi Covid-19 adalah penjualan mereka yang menurun akibat munculnya pesaing-pesaing baru di dunia bisnis online yang mirip dengan usaha mereka.

Selain itu, diinformasikan pula mengenai pertemuan pertama via daring yang akan dilaksanakan pada kamis, 9 July 2020 hingga Minggu, 12 July 2020. Masyarakat diharapkan dapat bersiap untuk melaksanakan pertemuan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Note: Gambar 4 – Gambar 5

Tentang Penulis