Gambaran umum program kerja “Pelaksanaan Bimbingan Belajar Guna Membantu Penyesuaian Diri Siswa Pasca Pandemi Di SD Negeri 3 Batubulan Kangin”
- Oleh Ni Putu Amanda Rahma Dewi
- Saturday 10/07/2021
- Kelompok 35, Kelompok, Kelompok
Pandemi COVID-19 sejak awal tahun 2020 membawa
banyak perubahan dalam berbagai sektor kehidupan masyarakat. Kebijakan terus
berganti guna menyesuaikan situasi terkini dari permasalahan ini. Salah satunya
dalam bidang pendidikan, sejak maret tahun 2020 dikeluarkan peraturan yang
memuat bahwa pembelajaran dilaksanakan melalui daring dengan pembelajaran jarak
jauh (PJJ) dengan sistem online. Namun, memasuki tahun 2021 kembali
diberlakukan di beberapa daerah pembelajaran tatap muka meskipun dengan
beberapa persyaratan baru serta kewajiban untuk mematuhi protokol kesehatan
yang telah ditentukan. Pembelajaran tatap muka setelah sekian lama membuat
banyak siswa yang masih kesulitan untuk beradaptasi dengan kehidupan sekolah
baru setelah keadaan pandemi yang bahkan masih berlangsung ini.
Pertimbangan tersebut
membuat penulis memilih topik Pendidikan/Pembelajaran di Masa/Pasca
Covid-19 serta memilih sekolah dasar di
desa penulis yaitu Batubulan Kangin untuk dilakukan observasi terkait
permasalahan ini. Setelah
melakukan observasi melalui daring serta luring, salah satunya melakukan
wawancara dengan beberapa guru serta kepala sekolah di SD Negeri 3 Batubulan
Kangin, ditemukan bahwa permasalahan, diantaranya, konsentrasi siswa dalam
belajar menurun, penurunan hasil belajar siswa, serta menurunnya semangat belajar siswa dalam kegiatan belajar di sekolah. Dalam situasi serta
permasalahan yang telah ditemukan dengan garis besar bahwa siswa masih belum
mampu menyesuaikan diri dengan pembelajaran baru semasa pasca pandemi,
bimbingan belajar menjadi alternatif solusi yang paling tepat.
Untuk membantu guru
mengatasi permasalahan ini, maka penulis memberikan alternatif solusi berupa “Pelaksanaan Bimbingan Belajar Guna Membantu
Penyesuaian Diri Siswa Pasca Pandemi Di SD Negeri 3 Batubulan Kangin” sekaligus sebagai program kerja dalam
KKNTN ini. Program ini diawali dengan kegiatan diskusi bersama guru kelas
terkait rencana pelaksanaan pembelajaran yang akan dilakukan. Selanjutnya
penyusunan RPP, kemudian kembali dilakukan diskusi final dengan guru kelas
terkait pembelajaran yang akan dilaksanakan. Setelah RPP siap, dilakukan
pengenalan serta permohonan izin kepada orang tua siswa perihal keikutsertaan
siswa dalam progam bimbingan belajar ini.
Kemudian pelaksanaan program bimbingan belajar bagi siswa yang diakhiri
dengan evaluasi kegiatan. Dalam pelaksanaannya, dilakukan beberapa metode dalam
setiap tahapan kegiatan. Diantaranya metode diskusi dan wawancara dalam tahap
persiapan, pelaksanaan memperhatikan pelaksanaan pembelajaran yang bermakna dan
menyenangkan bagi siswa dan pemberian bimbingan secara sederhana bagi kesulitan
belajar yang dialami oleh siswa, serta terakhir pada tahap evaluasi dilakukan
pembagian kuisioner untuk mengetahui kebermanfaatan program bimbingan belajar
ini.