Implementasi Teknik Pengajaran yang Efektif dan Atraktif oleh Orang Tua sebagai Masyarakat Sasaran
- Oleh Ni Ketut Ayu Ratih Suparna Dewi
- Monday 02/08/2021
- Kelompok 117, Kelompok, Kelompok
Setelah memberikan materi dan
diskusi umum terkait Teknik Pengajaran yang Efektif dan Atraktif pada 11 Juli 2021 kepada masyarakat sasaran,
kegiatan selanjutnya yang dilakukan adalah implementasi langsung oleh
masyarakat sasaran terkait Teknik Pengajaran yang Efektif dan Atraktif dengan
tujuan untuk meningkatkan minat belajar anak dalam pembelajaran daring.
Pelaksanaan implementasi ini dilakukan mulai tanggal 17-31 Juli 2021 (tidak
termasuk hari minggu dan hari raya Idul Adha), tepat satu hari setelah
pemberian materi ke-2 dan ke-3. Pelaksanaan implementasi ini dilakukan selama
12 hari, dimana 6 hari implementasi teknik pengajaran yang efektif dan atraktif
pada tema I subtema I dan 6 hari implementasi teknik pengajaran yang efektif
dan atraktif pada tema I subtema II. Dalam pelaksanaan implementasi telah
dimonitoring dan dievaluasi oleh saya sebagai penggagas program kerja pada:
- 18 Juli 2021
(Monitoring I pada subtema I)
- 23 Juli 2021
(Monitoring II pada subtema I)
- 25 Juli 2021
(Evaluasi Implementasi pada subtema I)
- 28 Juli 2021
(Monitoring I pada subtema II)
- 30 Juli 2021
(Monitoring II pada subtema II)
- 31 Juli 2021
(Evaluasi Implementasi pada subtema II)
Pada pelaksanaan implementasi
teknik pengajaran yang efektif dan atraktif menitikberatkan pada penilaian
secara mandiri oleh orang tua terhadap aktivitas belajar yang dilakukan bersama
anak meliputi:
- Memberikan
tayangan pembelajaran di YouTube
- Merangkum materi
pembelajaran dan dikemas dalam bentuk yang menarik (poster atau lainnya)
- Melakukan kuis
melalui media online
- Melakukan
pembelajaran langsung dengan menyesuaikan pada materi anak menggunakan media
daring atau luring
Esensi selanjutnya dari
implementasi ini, yaitu untuk meningkatkan minat belajar anak, dengan poin
penilaian meliputi:
- Anak berminat
mengikuti pembelajaran dengan waktu 3x90 menit
- Anak berminat
mengikuti instruksi pada modul pembelajaran siswa (Literasi dan Numerasi)
- Anak berminat
untuk mengeksplorasi materi di media lain (YouTube)
- Nilai Kuis
Setelah dilakukan implementasi
selama 12 hari dengan didampingi langsung oleh saya pada kegiatan monitoring
dan evaluasi, didapatkan beberapa hasil. Pada implementasi teknik pengajaran
efektif dan atraktif di tema I subtema I terlihat masih ada beberapa orang tua
yang kurang dapat mengimplementasikan secara maksimal teknik pengajaran yang
efektif dan atraktif, terutama di rentang hari ke-1 sampai hari ke-3. Dimana,
kesulitan yang sering dialami, yaitu membuat rangkuman materi mind mapping karena mereka harus membaca
materi terlebih dahulu dan membuat rangkuman yang menarik. Pada rentang waktu
tema I subtema I, minat belajar cenderung positif, karena pada minggu tersebut
merupakan minggu pertama anak memasuki jenjang sekolah dasar, sehingga euphoria belajar masih terjaga dengan
baik, hal ini tentunya juga didukung oleh teknik pendampingan yang baik oleh
orang tua.
Implementasi teknik pengajaran
yang efektif dan atraktif di tema I subtema II oleh orang tua berangsur-angsur
konsisten membaik, dimana sudah banyak orang tua yang dapat mengimplementasikan
arahan yang diberikan dengan optimal. Selain itu, jika dinilai dari minat
belajar, tren positif tentunya masih berlangsung, dimana anak masih mengikuti
pembelajaran dengan baik tanpa ada tanda penurunan minat belajar.
Secara keseluruhan, implementasi tentang
teknik pengajaran yang efektif dan atraktif dapat dilakukan dengan baik oleh
masyarakat sasaran (orang tua) dan ditandai oleh masih terjaganya minat belajar
anak di minggu-minggu pertama belajar di jenjang sekolah dasar. Semoga tren ini
selalu berlangsung, sehingga minat belajar anak tetap terjaga baik, walau
proses belajar dilakukan secara daring.