KEGIATAN EVALUASI AKHIR DARI PELAKSANAAN PROGRAM

Karena semua program telah dilaksanakan, maka pada minggu keempat ini tepatnya pada hari Sabtu, 31 Juli 2021 dilakukan pertemuan secara daring melalui WhatsApp Group dengan melakukan agenda evaluasi. Kegiatan evaluasi ini dilakukan guna mengetahui hasil dari pelaksanaan program yang telah dilaksanakan. Kegiatan evaluasi ini dilakukan dengan cara menyebarkan alat evaluasi berupa google form kepada masyarakat sasaran dengan memberitahu masyarakat sasaran untuk mengisi google form tersebut dengan sejujur-jujurnya guna mengetahui bagaimana pelaksanaan dari program yang telah dilakukan apakah terdapat kekurangan maupun kelebihan.

 

Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program yang telah dilaksanakan, maka hasil yang didapatkan sangatlah beragam. Dalam program yang pertama yakni sosialisasi media sosial sebagai sumber belajar anak didapatkan hasil bahwa dengan menggunakan sumber belajar berupa media sosial berupa youtube anak menjadi lebih semangat untuk belajar karena adanya animasi atau kartun yang terdapat dalam video yang tersedia di youtube. Maka, dengan adanya media sosial berupa youtube sebagai sumber belajar anak dirumah tentunya dapat meningkatkan semangat belajar anak dan tentunya juga dapat menambah pengalaman orang tua dalam mencari sumber belajar untuk anak.


Pada program yang kedua yakni pengenalan media pembelajaran sebagai alat bantu membelajarkan anak sangat mendapat respon atau hasil yang beragam dari masyarakat sasaran. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan masyarakat sasaran menggunakan media pembelajaran berupa video pembelajaran yang diakses di youtube, gambar-gambar pada google, benda asli, dan juga orang tua belajar membuat pop up book. Dengan adanya media pembelajaran orang tua menjadi senang karena anaknya dapat terbantu dan merasa senang saat belajar menggunakan media pembelajaran tersebut seperti saat menggunakan gambar atau foto yang terdapat di google, anak merasa senang karena banyaknya foto yang dapat ia temukan.

 

Dan pada program yang terakhir yakni pemberian tips dan solusi untuk memberi stimulus atau rangsangan pada anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi Covid-19 juga mendapat respon atau hasil yang beragam. Seperti pada saat anak belajar orang tua meluangkan waktunya untuk menemani anaknya dan juga tidak lupa untuk memberi semangat. Dengan adanya peran orang tua dan adanya semangat tentu saja dapat memotivasi anak agar terus bersemangat untuk belajar. Dan juga berdasarkan hasil evaluasi, salah satu orang tua siswa mengatakan bahwa akan memberi anaknya hadiah atau reward apabila mendapatkan ranking. Serta adapula orang tua yang memberi respon bahwa ia memberikan pujian kepada sang anak karena telah rajin belajar.


Dapat disimpulkan dari hasil evaluasi, pelaksanakan program yang sudah dilakukan tersebut telah mendapatkan hasil yang positif dalam meningkatkan kemampuan orang tua dalam mendidik anak di rumah pada masa pandemi Covid-19 ini, karena orang tua dapat melakukan hal atau sesuatu yang dapat meningkatkan semangat anak dalam belajar dan tentunya hal tersebut telah dapat mengatasi kendala yang sebelumnya telah dihadapi.




Tentang Penulis