Kegiatan Evaluasi Akhir Dengan Menyebarkan Angket Evaluasi Dalam Bentuk Google Formulir Kepada Masyarakat Sasaran di Desa Buduk, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung

Kegiatan menyebarkan alat evaluasi kepada masyarakat sasaran ini telah dilaksanakan pada hari Jumat, 30 Juli 2021 yang dimulai dari pukul 13.00 WITA sampai pukul 15.00 WITA. Kegiatan yang dilaksanakan oleh pelaksana kegiatan bersama masyarakat sasaran ini dilaksanakan secara online via WhatsApp Group dan Google Formulir. Kegiatan menyebarkan alat evaluasi ini diadakan dengan tujuan untuk dapat mengetahui tanggapan-tanggapan dari masyarakat sasaran mengenai pelaksanaan kegiatan KKNbD yang sudah dijalankan bersama dengan masyarakat sasaran. Selain itu, kegiatan menyebarkan angket evaluasi ini dirancang agar dapat mengetahui hasil yang dirasakan oleh masyarakat selama mengikuti rangkaian kegiatan KKNbD apakah kegiatan yang telah berjalan mampu membantu masyarakat dalam menyelesaikan masalah yang dialami atau tidak.

 

Kegiatan menyebarkan alat evaluasi dimulai dengan link angket evaluasi disebarkan oleh pelaksana kegiatan kepada masyarakat melalui WhatsApp Group. Angket evaluasi yang disebarkan oleh pelaksana kegiatan sebelumnya sudah disiapkan dengan baik yang dibuat dalam bentuk Google formulir. Angket evaluasi yang sudah dibuat telah berisi pertanyaan-pertanyaan yang nantinya akan dijawab oleh masyarakat sasaran. Pelaksana kegiatan meminta masyarakat sasaran untuk mengisi angket evaluasi tersebut dengan sejujur-jujurnya sesuai yang mereka rasakan selama mengikuti kegiatan KKNbD 2021. Jawaban tersebutlah yang nantinya akan menjadi hasil evaluasi kegiatan KKNbD yang telah dilaksanakan oleh pelaksana kegiatan bersama dengan masyarakat sasaran. Kegiatan evaluasi juga diadakan agar pelaksana kegiatan dapat mengetahui lebih detail bagaimana perkembangan masyarakat sasaran setelah mengikuti kegiatan yang dilaksanakan selama 5 minggu dan mengukur efektivitas dari kegiatan yang sudah dilaksanakan. Selanjutnya, pelaksana kegiatan mengecek tanggapan-tanggapan yang diberikan oleh masyarakat sasaran pada angket evaluasi dalam bentuk Google formulir yang diberikan sebelumnya.

 

Berdasarkan respons yang diberikan oleh masyarakat sasaran pada angket evaluasi maka dapat disimpulkan bahwa program kerja KKNbD yang telah dibuat dan dijalankan sudah dapat mengatasi permasalahan yang dialami oleh masyarakat sasaran. Masyarakat sasaran dapat berpartisipasi dengan baik dan semua masyarakat sasaran sudah dapat mengisi angket evaluasi yang diberikan oleh pelaksana kegiatan. Masyarakat sasaran juga dapat terbantu dengan adanya kegiatan KKNbD, mulai dengan diadakannya kegiatan edukasi hingga kegiatan bimbingan belajar yang telah dilaksanakan. Program kerja yang dijalankan selama kegiatan KKNbD berlangsung bagi masyarakat sasaran sangat menarik dan juga dapat membantu mereka. Materi-materi edukasi yang diberikan oleh pelaksana kegiatan juga dapat dengan mudah dipahami oleh masyarakat sasaran dan sangat jelas isinya. Jadwal kegiatan KKNbD yang telah dirancang dan dilaksanakan oleh pelaksana kegiatan bersama masyarakat sasaran bersifat fleksibel dan terperinci. Adanya kegiatan bimbingan belajar juga sangat membantu masyarakat sasaran dan masyarakat sangat senang melaksanakan kegiatan bimbingan belajar, sebab masyarakat sasaran didampingi dengan baik dan di bimbing hingga mereka mengerti dan paham tentang materi pembelajaran yang diberikan. Adapun hasil yang dirasakan oleh masyarakat sasaran ketika mengikuti kegiatan KKNbD yang dilaksanakan secara daring, yaitu masyarakat sasaran lebih bersemangat menjalani kegiatan belajar, mudah mengerjakan soal/tugas, lebih percaya diri, dapat mengatur waktu dengan baik, mudah berkonsentrasi, dan juga mendapatkan wawasan yang lebih dari kegiatan edukasi yang diberikan.

 

Secara keseluruhan dapat disimpulkan bawah program kerja yang dijalankan ini sudah dapat membantu masyarakat sasaran. Tidak ada kendala yang dirasakan baik dari pelaksana kegiatan maupun masyarakat sasaran ketika melaksanakan kegiatan evaluasi ini. Adapun saran atau masukan yang diberikan oleh masyarakat sasaran untuk kegiatan KKNbD yang dilaksanakan pada tahun berikutnya, di antaranya agar masyarakat yang diikut sertakan pada kegiatan KKNbD tahun berikutnya bisa lebih banyak lagi supaya kegiatan yang dijalankan terasa seru, dapat semakin berkembang dan jaya, serta dapat selalu terlaksana setiap tahunnya.

 

Berikut saya cantumkan link drive yang berisi cuplikan video dokumentasi kegiatan evaluasi yang telah dilaksanakan oleh pelaksana kegiatan bersama masyarakat sasaran:

https://drive.google.com/file/d/1ZgZkardfNkvWRJOEHaXpGK0NzDDN4IAP/view?usp=sharing


Tentang Penulis