Kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja dan Rangkuman Seluruh Kegiatan KMbD Undiksha 2020

Pada minggu terakhir pelaksanaan KMbD Undiksha 2020 (28 Juli – 1 Agustus 2020) dilaksanakan proses evaluasi program kerja, laporan rangkuman kegiatan, dan penyampaian rasa terima kasih atas partisipasi  dan keikutsertaan siswa binaan (masyarakat sasaran) dalam kegiatan KMbD Undiksha 2020.  Sebelum membagikan link Google Form evaluasi program kerja, mahasiswa selaku pelaksana KMbD memastikan terlebih dahulu bahwa seluruh siswa binaan mengerti cara menggunakan apliaksi Quizizz dan menanyakan kendala dalam penggunaannya. Kemudian menanyakan apakah sudah mengerti tentang video pembelajaran animasi yang sudah diberikan sebelumnya. Dari diskusi di WhatsApp Group tersebut siswa tidak ada yang mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi Quizizz dan sudah mengerti dengan pembelajaran yang diberikan baik melalui aplikasi Quizizz maupun video pembelajaran animasi.

Setelah memastikan seluruh siswa mengerti cara menggunakan aplikasi Quizizz dan video pembelajaran animasi, pada tanggal 29 Juli 2020 yaitu membuat list pertanyaan untuk melakukan evaluasi kegiatan KMbD yang sudah dilaksanakan sekaligus membuat form Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja KMbD Undiksha 2020 menggunakan Google Form. 

Pada tanggal 30 Juli 2020 link Google Form Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja KMbD Undiksha 2020 dibagikan melalui WhatsApp Group. Hasil Google Form menunjukan bahwa seluruh siswa dapat mengenal aplikasi berbasis Android untuk pembelajaran dari rumah “Quizizz” kemudian mengerti dan mampu menerapkan cara menggunakan aplikasi Quizizz yang dijelaskan di video tutorial yang dibagikan pada saat proses pembinaan di minggu kedua. Berdasarkan hasil observasi mengenai kendala siswa dalam melaksanakan pendidikan secara daring yaitu kurangnya pengetahuan menggunakan aplikasi online untuk pembelajaran dari rumah dan merasa bosan belajar dari rumah karena menggunakan media pembelajaran sebelumnya itu kurang menarik dan monoton. Dari poling pada Google Form menyatakan bahwa aplikasi Quizizz dan video pembelajaran mampu menunjang dan membantu proses belajar siswa di masa pandemi Covid- 19.  Selain itu, adanya fitur animasi, video, dan gambar pada setiap permainan membuat siswa senang dalam proses belajar menggunakan aplikasi Quizizz yang mengatasi permasalahan siswa mengenai kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan oleh guru.

Selanjutnya pada tanggal 1 Agustus 2020, mahasiswa selaku pelaksana KMbD melaporkan rangkuman seluruh kegiatan KMbD dari masa observasi hingga minggu terakhir melalui WhatsApp Group. Selain itu, pada akhir laporan kegiatan mahasiswa mengucapkan rasa terima kasih atas partisipasi siswa binaan (masyarakat sasaran) dalam kegiatan KMbD Undiksha 2020 dan memohon maaf apabila selama pelaksanaan KMbD 2020 ada hal-hal yang kurang berkenan.

Adapun rangkuman kegiatan yang dilaksanakan selama KMbD yaitu:

Tanggal 25-27 Mei 2020 adalah masa observasi terkait tema KMbD Undiksah 2020 “Pendidikan/Pembelajaran di masa/pasca Pandemi Covid-19”

Minggu pertama (6-11 Juli 2020) mendiskusikan tentang Program KMbD dan tema yang diangkat sekaligus melaksanakan program kerja pertama yakni, mengenalkan, memilih, memberikan PPT kegunaan fitur – fitur, mengirimkan video tutorial, dan pendampingan menggunakan aplikasi online berbasis Android yang bisa digunakan untuk pembelajaran dari rumah “Quizizz”.

Minggu kedua (13-18 Juli 2020) yakni, memberikan pembelajaran Bahasa Inggris sesuai dengan tema kurikulum SMP kelas VIII menggunakan media aplikasi yang sudah diplih sebelumnya “Quizizz” dan melakukan Virtual Meeting melaui aplikasi Zoom Meeting

Minggu ketiga (20-25 Juli 2020) adalah pemberian video pembelajaran animasi dengan materi “Telling Time in English” dan melakukan virtual meeting melalui aplikasi Zoom Meeting yaitu bermain live kuis meenggunakan aplikasi Quizizz sesuai dengan materi yang dibahas divideo pembelajaran.

Minggu Keempat (27 Juli - 1 Agustus 2020) adalah tahap evaluasi program kerja sudah dilaksanakan dengan cara mengirimkan link Google Form Evaluasi Program Kerja KMbD Undiksha 2020 dan laporan kegiatan KMbD yang sudah dilaksnakan dari tanggal 6 Juli sampai selesai.

Berdasarkan hasil dari Google Form Penjelasan, Pembelajaran, dan Pembinaaan mengenai Penggunaan aplikasi online berbasis Android untuk pembelajaran dari rumah “Quizizz” dapat dimengerti dan diterapkan. Selain itu penggunaan aplikasi Quizizz dan video pembelajaran mampu membantu kalian dalam belajar sebagai media penunjang pembelajaran maupun media pendamping dengan kelebihannya yang membuat suasana belajar lebih menyenangkan dan seru, bisa membuat kuis sendiri, bisa belajar sambil bermain, dan aplikasinya mudah untuk dimengerti. Adapun manfaat yang aplikasi Quizizz untuk pembelajaran antara lain bisa mengisi waktu luang, bisa belajar dimana saja hanya menggunakan hp, dan bisa melatih konsentrasi pada saat mengerjakan kuis.

Seluruh obrolan WhatsApp Group dan bukti kegiatan pada minggu terakhir (27 Juli – 1 Aagustus 2020) dapat diakses pada link berikut ini,

https://drive.google.com/file/d/10mrKipU-LvWWhNuz39IUQT-YbbWulbDy/view?usp=drivesdk

Hasil rangkuman dari Google Form Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja KMbD Undiksha 2020 dapat diakses pada link berikut ini,

https://drive.google.com/file/d/10gj3LFZYS1BHZufuZwz5-X-SVxFNw65f/view?usp=drivesdk


Tentang Penulis