Kegiatan evaluasi, Perpisahan dan Pemberian kenang-kenangan kepada petani buah jeruk.

Kegiatan KKNbD tahap Akhir yakni Tahap Evaluasi, dan pemberian kenang-kenangan Analisis Hasil Pelaksanaan Proyek, dan Pembuatan Laporan Akhir. Tanggal 1 Agustus 2021 adalah tahap evaluasi. Evaluasi merupakan serangkaian proses kegiatan, bersifat kontinyu untuk mengetahui sejauhmana standar atau kriteria yang ditetapkan dengan hasil yang dicapai, mulai dari rencana, pelaksanaan dan evaluasi akhir. pada tahap Evaluasi ini memberikan evaluasi kepada masyarakat sasaran terkait kestabilitasan buah jeruk saat panen. Adapaun evaluasi yang diberikan yaitu dengan memberikan pertanyaan secara offline,karena susahnya jaringan sinyal pada masyarakat sasaran. Masyarakat Sasaran dimana berisikan pertanyaan–pertanyaan terkait program yang sudah dilaksanakan serta proses pelaksanaan. Berikut ada beberapa pertanyaan dan jawaban yang sudah dijawab secara langsung oleh petani.

1. - Saya : Apakah anda sebagai masyarakat sasaran dapat memahami mengenai menjaga kestabilitasan buah jeruk saat panen?

-MS : ya,saya mengerti

2. - Saya : Dalam pelatihan ini, apakah anda mengalami kendala?

-MS : Ya,saya mengalami kendala karena susahnya jaringan internet di sekitar saya.

3. - Saya : Bagaimana tanggapan anda mengenai proses untuk menjaga kestabilitasan buah jeruk saat pandemi?

- MS : Tanggapan saya mengenai proses ini yakni mampu menjaga konsisten kestabilan buah jeruk untuk kedepannya.

4. - Saya : Apakah program ini efektif untuk mencapai tujuan perkembangan yang telah dilaksanakan?

- MS : Iya sangat efektif,sehingga saya selaku petani buah jeruk dapat pengetahuan yang lebih dari sebelumnya.

5. - Saya : Apa kesan dan pesan anda selaku masyarakat sasaran pada kegiatan KKNbd?

- MS : Kesan: Memberikan pengetahuan yang untung dan dapat mendorong menjaga stabilitas buah jeruk.P

esan : Semoga adik selaku Mahasiswa yang melaksanakan KKN secara daring dapat meningkatkan kuantitas masyarakat untuk kedepannya. 

Adapun kegiatan perpisahan dan memberikan kenang-kenangan kepada masyarakat sasaran. Dengan adanya evaluasi, perpisahan dan memberikan kenang-kenangan kepada masyarakat sasaran agar lebih efektif dan menjadikan sebuah pengetahuan yang lebih.

Tentang Penulis