KEGIATAN EVALUASI SELAMA PROSES PEMBELAJARAN KHUSUS MENGENAI COVID-19 MELALUI MEDIA ONLINE KEPADA SISWA SEKOLAH DASAR DI SINGARAJA

Pada tanggal 1 Agustus 2020, telah dilaksanakan kegiatan evaluasi pembelajaran mengenai Covid-19 melalui media onliine kepada siswa sekolah dasar di Singaraja dengan menggunakan google form, dimana kegiatan evaluasi ini dilakukan guna untuk dijadikan sebagai tolak ukur dalam proses pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya bersama masyarakat sasaran.

Kegiatan evaluasi yang telah saya laksanakan ini dibuat dalam bentuk pertanyaan melalui google form. Pertanyaan yang saya siapkan ada 9 pertanyaan yang terdiri dari 3 soal pilihan ganda dan 6 soal uraian. Pertanyaan ini dijawab dengan masyarakat sasaran berdasaran dengan keadaan yang sesungguhnya mereka rasakan. Dengan demikian diharapkan saat menjawab pertanyaan yang saya berikan dapat mewakilkan perasaan yang selama ini para siswa rasakan selama proses pembelajaran yang telah berlangsung. Link kuisioner kegiatan evaluasi yang telah saya buat dapat dilihat dan diakses melalui  link https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSenOtcjFjR7XynHzquOOyONOtMW3Tq_NF4ejN_KUzA9niOZg/viewform.

Selesai kegiatan pembelajaran ini saya berjanji kepada para siswa untuk memberikan mereka kenang-kenangan atau bingkisan yang diharapkan dapat berguna bagi mereka. Pada saat pemberian bingkisan ini saya datang sendiri membawakan bingkisan tersebut kerumah mereka masing-masing. Namun ada satu siswa yang sedang berada diluar Singaraja, yaitu siswa atas nama Putu Bima Nardhayana Putra. Siswa tersebut sedang berada di Tabanan, sehingga bingkisian yang ingin saya berikan saya kirimkan melalui kurir JNT dan telah sampai ditangan siswa tersebut dengan selamat. Dokumentasi kegiatan pemberian bingkisan ini dapat diakses melalui link https://drive.google.com/folderview?id=1Nvxh6M-TvIjEG_vujKY470valoS0Sc1G.

Jadi berdasarkan hasil dari kuisioner yang telah diisi oleh masyarakat sasaran, dimana dari hasil kuisioner tersebut dapat disimpulkan bahwa masyarakat sasaran telah dapat memahami pembelajaran yang telah disampaikan dalam proker ini dengan baik, sehingga pembelajaran yang telah dilakukan dirasa sudah efektif karena masyarakat sasaran telah mengerti sepenuhnya materi yang diberikan serta mampu mempraktikkan materi yang telah diberikan dengan baik. Masyarakat sasaran merasa pembelajaran yang telah diberikan bermanfaat bagi kehidupan mereka. Masyarakat sasaran juga merasa senang dengan adanya pembelajaran ini karena dapat mengisi waktu luang mereka dengan mengikuti pembelajaran bagaimana mengenal gejala Covid-19, belajar membiasakan penggunaan masker serta belajar cara mencuci tangan yang baik dan benar. Adapun kendala yang dikeluhkan oleh masyarakat sasaran yakni sebagian siswa terkendala dengan sinyal. Seluruh respon yang telah diberikan oleh masyarakat sasaran dapat diakses melalui link https://docs.google.com/spreadsheets/d/18rV0S4G1pK0jzNfeVMD_fSfOr25IkgSJeInW4l__kA/edit?usp=drivesdk.

Tentang Penulis