Kegiatan Hari Ke-10 KKN Undiksha 2022 di Desa Mundeh

Kegiatan Hari Ke-10 KKN, Kamis, 14 Juli 2022

    Kamis, 14 Juli 2022, Mahasiswa KKN Undiksha 2022 melaksankan agenda Kunjungan sekaligus Pendampingan dalam Pelaksanaan Kegiatan Posyandu dan Pos Lansia di Banjar Dinas Nyuh Gading. Kegiatan Posyandu Rutin dimulai pada pukul 08:00 WITA yang bertempat di Wantilan Banjar Dinas Nyuh Gading. Posyandu merupakan salah satu jenis pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat di desa. Manfaat dari adanya posyandu ialah memberikan layanan kesehatan yang layak bagi ibu dan anak, lansia, KB, imunisasi, gizi, pencegahan stunting, dan lainnya. Kegiatan ini dihadiri oleh Mahasiswa KKN bersama dengan Bapak Made Budiana selaku Staf Kesra Pemerintah Desa Mundeh, Kader Kesehatan dan Lingkungan (KESLING), Bapak Kepala Wilayah Banjar Dinas Nyuh Gading I Gusti Putu Sutamba dan Ibu-Ibu PKK dari Banjar Dinas Nyuh Gading. Kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN seperti membantu dalam administrasi, pengecekan tensi, pengukuran berat badan anak, bermain dengan anak-anak dan lainnya. 

        Masih seperti beberapa hari sebelumnya kegiatan yang dilakukan hari ini adalah melanjutkan Digitalisasi Administrasi Desa yakni Pemutakhiran Profil Kependudukan melalui sistem Prodeskel beserta Pengelolaan Aset Desa melalui sistem SIPADES. Kegiatan dilakukan bersama dengan Kaur Perencanaan Pemerintah Desa Mundeh Bapak I Wayan Kawinasa dan Kepala Wilayah di tiap banjar dinas di Desa Mundeh. Kegiatan ini berlangsung seusai Kegiatan Posyandu bertempat di Ruang Rapat Kantor Perbekel Desa Mundeh. Kegiatan Pengelolaan Aset Desa sendiri mengalami beberapa hambatan seperti sistemnya yang masih mengalami error sehingga dalam penginputan data tidak bisa dilakukan.

        Pada sore hari Mahasiswa KKN melaksankan agenda Kegiatan Senam Lansia di Banjar Dinas Yeh Kayu dan Banjar Dinas Auman Dlod Sema. Kegiatan senam lansia berlangsung pada pukul 17:00 WITA di Wantilan Banjar Dinas Yeh Kayu dan dilanjutkan pada pukul 18:00 WITA di Wantilan Banjar Dinas Auman Dlod Sema. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari Program Kerja 3 Mahasiswa KKN yakni Bina Kesehatan Masyarakat. Seusai pelaksanaan senam bersama di Wantilan Banjar Dinas Auman Dlod Sema, Mahasiswa KKN melanjutkan kegiatan dengan Latihan Tari Rejang Renteng bersama dengan para Ibu-Ibu PKK Banjar Dinas Auman Dlod Sema. Kegiatan hari ini diakhiri dengan berfoto bersama dengan Ibu-Ibu PKK Banjar Dinas Auman Dlod Sema, Desa Mundeh. Sekian kegiatan hari ini, Terima Kasih.

Tentang Penulis
I Gede Bagus Krisna Mahardika