Kegiatan Hari Ke-9 KKN Undiksha 2022 di Desa Mundeh

Kegiatan Hari Ke-9 KKN, 13 Juli 2022

        Hari ini, Rabu 13 Juli 2022 bertepatan dengan Rahina Suci Purnama, Mahasiswa KKN Undiksha melakukan agenda persembahyangan bersama dengan seluruh Perangkat Desa Mundeh. Persembahyangan dilakukan di Pura Majapahit, Pura Puseh Ibu yang bertempat di Desa Mundeh dan di Lingkungan Sekitar Posko KKN. Persembahyangan pada Rahina Purnama ini memiliki makna untuk memohon berkah dan karunia dari Sang Hyang Widhi (Tuhan Yang Maha Esa) yang telah menerangi dunia beserta seluruh isinya. Dalam persembahyangan purnama ini dihadiri oleh Bapak Perbekel Desa Mundeh I Nyoman Sukayasa, seluruh Perangkat Desa dan Staf, serta Investor dari pihak PT. Adventure & Spirit yang akan melakukan kerja sama dengan pihak Desa Mundeh terkait Wisata Canyoning. Selain persembahyangan bersama, kegiatan juga diikuti dengan matur piuning di kedua pura besar di Desa Mundeh tersebut sebagai bentuk permohonan restu dan izin kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan Para Batara atau Leluhur yang berada di Desa Mundeh untuk bisa memberikan kelancaran dalam kerja sama yang akan dilakukan antara pihak Investor PT. Adventure & Spirit dengan Desa Mundeh dalam mengembangkan sektor wisata desa khususnya di bidang Water Sports yaitu Canyoning. Kegiatan persembahyangan sendiri dimulai pada pukul 08:30 WITA.

        Kegiatan yang masih dilakukan pada hari ini adalah terkait Digitalisasi Administrasi Desa. Digitalisasi Administrasi Desa ini meliputi kegiatan Pendampingan Pemutakhiran Profil Kependudukan untuk masing-masing banjar dinas di Desa Mundeh melalui sistem Prodeskel dan pengelolaan administrasi aset desa melalui sistem SIPADES. Kegiatan Pemutakhiran ini dilaksanakan bersama dengan Bapak I Wayan Kawinasa selaku Kaur Perencanaan Pemerintah Desa Mundeh dan Kepala Wilayah masing-masing banjar dinas di Desa Mundeh. Pemutakhiran data kependudukan ini sedang pada proses pembaruan untuk Banjar Dinas Bangal, Desa Mundeh. Kegiatan ini dilakukan pada pukul 10.30 WITA bertempat di Ruang Rapat, Kantor Perbekel Desa Mundeh.

        Di hari ini pula dilakukan Kunjungan oleh Dosen Pembimbing Bapak Kadek Yogi Parta Lesmana ke Posko KKN. Sebelum bertemu dengan Mahasiswa KKN, Bapak Yogi melakukan pertemuan terlebih dahulu dengan Bapak Perbekel Desa Mundeh terkait konsultasi Perencanaan Wisata Desa khususnya water sports yakni Canyoning yang nantinya akan dikembangkan di Desa Mundeh. Kunjungan dengan Mahasiswa KKN ini dilakukan pada pukul 12.30 WITA. Tujuan kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk evaluasi pelaksanaan KKN di Desa Mundeh yang telah berjalan selama kurang lebih 1 minggu. Pada kegiatan ini pula Mahasiswa KKN juga berkoordinasi dengan Pak Yogi terkai dengan pelaksanaan program kerja dan lainnya.

        Kegiatan lainnya yang dilakukan pula hari ini adalah Bimbingan Belajar pada beberapa anak-anak di Desa Mundeh yang dilakukan di Posko KKN bertempat di Kantor Perbekel Desa Mundeh pada pukul 16:00 WITA. Bimbingan belajar berfokus pada materi Calistung yang dikhususkan untuk anak-anak di lingkungan Desa Mundeh yang mana dari mereka beberapa masih mengalami kesulitan memahami materi yang diberikan secara daring akibat Pandemi Covid-19. Sekian kegiatan hari ini, Terima Kasih.




Tentang Penulis
I Gede Bagus Krisna Mahardika