Kegiatan Keduabelas, Melakukan Pendampingan dalam Pembuatan Media Pembelajaran Komik Digital

Kegiatan keduabelas ini berlangsung selama dua hari, dimulai dari hari Kamis, 29 Juli 2021 sampai dengan Jumat, 30 Juli 2021 bersama guru wali kelas IV SD Negeri 2 Aan. Yang mana, sekolah dasar ini berlokasi di Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali.

Kegiatan ini dilaksanakan secara langsung atau tatap muka di ruang guru SD Negeri 2 Aan. Yang mana, diawali pada hari Kamis, 29 Juli 2021 (tahap pertama) dengan melaksanakan pendampingan atau memonitoring guru wali kelas IV sebagai salah satu mitra sasaran dalam membuat media pembelajaran komik digital dasar seperti memilih karakter, menyesuaikan backround, mengganti-ganti font, menambahkan bentuk-bentuk (shapes), maupun memasukkan animasi dan transisi. Guru terlihat sangat antusias dalam mencoba membuat komik digital yang akan digunakan sebagai referensi media pembelajaran daring ini.

Kemudian, dalam pelaksanaan pendampingan tahap kedua yakni pada hari Jumat, 30 Juli 2021 diawali dengan memberikan contoh mengenai pembuatan komik digital yang berisi memasukkan backsound. Kegiatan diakhiri dengan memberikan guru referensi website untuk mencari backround yang menarik untuk diletakkan dalam komik digital. Diharapkan guru bisa mengaplikasikan sedikit ilmu ini untuk membuat media pembelajaran yang dimanfaatkan dalam pembelajaran daring guna menarik perhatian siswa.

Tentang Penulis