Kegiatan KKNbd di Desa Candikusuma Minggu ke II - Melakukan Komunikasi Via Group WhattsApp Kepada Masyarakat Sasaran.
- Oleh Arisa Aprilia Putri
- Monday 12/07/2021
- Kelompok 8, Kelompok, Kelompok
Senin
(12/07/2021) Telah dilaksanakan kegiatan minggu kedua terkait program kknbd
dengan judul “pemanfaatan dan sosialisasi video pembelajaran daring berbasis
aplikasi powtoon dan aplikasi sparkol videoscribe sebagai sumber
belajar bagi siswa dan sumber inovasi pembelajaran bagi guru sekolah dasar di
desa candikusuma, kecamatan melaya, kabupaten jembrana, provinsi bali” Adapun
kegiatan yang dilakukan yaitu melakukan komunikasi dan sharing kepada
masyarakat sasaran melalui via group whattsapp yang mana sebelumnya
telah dibuat oleh saya selaku mahasiswa kknbd, pada pertemuan kali ini para
masyarakat memperkenalkan diri masing-masing guna untuk mempermudah komunikasi
antar satu dengan lain nya, yang mana masyarakat sasaran kali ini terdiri dari 5
orang siswa dan 1 orang guru sekolah dasar,
Dari
pertemuan ini dapat disampaikan terkait pemahaman awal mengenai program kknbd
yang akan dilakukan agar nantinya masyarakat sasaran sudah mempunyai gambaran
terkait kegiatan apa saja yang akan di lakukan, selain itu juga mendiskusikan
terkait jadwal pertemuan yang mana di pertemuan kali ini dari pihak guru
menyetujui bahwa pertemuan kegiatan kknbd ini dilakukan 1 kali dalam seminggu
melihat proses belajar dan mengajar tahun ajaran baru sudah dimulai walaupun
masih tetap dilakukan secara daring, untuk kunjungan ke salah satu guru sekolah
dasar kami menyepakati untuk bertemu secara langsung untuk melakukan
sosialisasi terkait video pembelajaran daring ini sedangkan untuk siswa sekolah
dasarnya kami menyepakati untuk melakukan kegiatan nya full online melalui via
grup whatssapp namun hal ini dapat berubah sesuai dengan situasi dan
kondisi di lapangan.
Setelah
itu dilanjutkan dengan tanya jawab seputar pembelajaran daring yang telah
dilaksanakan oleh siswa sekolah dasar selama pandemi ini, yang mana dapat di
simpulkan bahwa siswa sekolah dasar ini rata-rata sumber belajar daring yang
digunakan yaitu dari internet dan cenderung lebih senang menggunakan media
pembelajaran berupa video pembelajaran daripada metode ceramah yang disamapikan
oleh guru karena lebih mudah dipahami dan tidak mebosankan.