Kegiatan Meningkatkan Kebugaran Tubuh dengan Yoga agar Terlindung dari Bahaya Covid-19

Pada tanggal 21 Juli 2021, untuk menindaklanjuti program kegiatan pencegahan Covid-19 dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, maka diadakan kegiatan pelatihan meningkatkan dan menjaga kebugaran tubuh dengan yoga bersama dengan anak-anak (masyarakat sasaran) di Desa Sibanggede. Kegiatan ini diadakan langsung dirumah penulis yaitu di Desa Sibanggede. Seperti pelatihan sebelumnya, yaitu pada pelatihan mencuci tangan dan memakai masker yang baik dan benar, pada pelatihan kali ini penulis juga mengirimkan materi pelatihan meningkatkan kebugaran tubuh berupa yoga terlebih dahulu kepada anak – anak melalui Whatsapp Group. Pengiriman materi ini dilakukan pada tanggal 20 Juli 2021, pada saat mengirimkan materi tersebut juga dibarengi dengan diadakannya diskusi singkat terkait materi pelatihan yang diberikan. Materi pelatihan untuk meningkatkan kebugaran tubuh ini diberikan berupa video yoga yang bersumber dari youtube.

Pada saat pelaksanaan kegiatan pelatihan meningkatkan kebugaran tubuh ini diawali dengan menyiapkan sarana – sarana yang diperlukan untuk yoga, seperti menyiapkan matras yoga dan hal – hal lainnya. Saat melakukan kegiatan yoga, penulis menyontohkan gerakan – gerakan yoga tersebut sesuai dengan materi yang telah diberikan, kemudian anak – anak mengikutinya. Kegiatan yoga dilakukan menyesuaikan dengan kemampuan anak – anak, yang mana apabila terdapat gerakan – gerakan yang tidak dapat dilakukan olehnya, anak – anak dapat menyesuaikan sejauh mana ia bisa mengikuti gerakan yoga tersebut.

Salah satu upaya pencegahan Covid-19 adalah dengan berolahraga untuk menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh. Kegiatan yoga menjadi salah satu alternatif untuk upaya pencegahan Covid-19 serta kegiatan ini sangat berguna untuk meningkatkan kebugaran tubuh, sehingga dapat mengurangi resiko tertular Covid-19. Pada saat pelaksanaan kegiatan yoga ini, anak – anak sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti gerakan – gerakan yoga yang dicontohkan oleh penulis. Kegiatan yoga ini akan diadakan beberapa kali lagi, yang mana pada saat pelaksanaan kegiatan tidak lupa menerapkan protokol kesehatan.

Materi yoga yang bersumber pada youtube:

https://youtu.be/VpTmitpCuR4

Video bukti pelaksanaan kegiatan yoga:

https://drive.google.com/file/d/18tSujM5adlRfWsEb6CMhPFIIA2j6FSpi/view?usp=sharing

Tentang Penulis
I Gusti Agung Mas Bintang Anastasya