Kegiatan pemberian video tutorial cara pembuatan toko di media E-commerce shopee, tutorial promosi barang, tutorial cara memproses barang di shopee

Pada tanggal 20 juli 2020, Saya melaksanakan program kerja ke 4(empat) yaitu pemberian video tutorial cara pembuatan toko, tutorial promosi barang, tutorial cara memproses barang di shopee. 

Pada kegiatan ini dilaksanakan melalui diskusi whatapp group. Saya mencari tiga sumber referensi video yang terbaik dan tepat serta menggunakan kata kata yang  mudah untuk di pahami oleh masyarakat sasaran. Setelah mendapatkan sumber tersebut saya melakukan beberapa hal seperti:

1. Mebagikan link video 1 yaitu "cara membuka toko di shopee sebagai dropship dengan mudah tanpa ribet langsung jadi". Pada video ini, menjelaskan bagaimana untuk mendaftarkan diri untuk membuka toko di platform shopee. Selanjutnya mengirimkan penjelasan singkat dengan menggunakan voice note/pesan suara yang mana pada pesan suara tersebut menjelaskan secara singkat mengenai isi dari dari video yang yang diberikan. Ini bertujuan untuk masyarakat sasaran apabila masih tidak paham tentang apa yang dibicarakan pada video. Maka dari itu, saya menjelaskan kembali isi dari video tersebut secara singkat. 

2. Membagikan link video 2 "cara jualan di shopee terlengkap 2020". Pada video ini, memaparkan bagaimana cara mudah dan akurat untuk mempromosikan produk di shopee. Tidak jauh berbeda dengan tahap pengiriman video pertama. Saya juga menjelaskan secara singkat mengenai isi dari video tersebut. 

3. Mebagikan link video 3 " Cara memproses pesanan di shopee". Pada video ini, menjelaskan tahap yang terakhir yaitu menerima pesana dari konsumen dan memproses pegiriman. Begitupula pada tahap ini, saya juga menjelaskan singkat melalui voice note dengan tujuan yang sama. 

Setelah ketiga tahap ini dilakukan, saya memberikan kesempatakan masyarakat sasaran untuk bertanya, jika masih ada yang bingung, terbukti masih ada masyarakat sasaran yang bertanya seperti yang dapat dilihat pada screenshot/tanda bukti kegiatan, terlampir. 

Berikut ini merupakan link video yang dapat di akses, sebagai berikut: 

1. Video 1 https://youtu.be/mTRa8N0rno0

2. Video 2 https://youtu.be/KvZXLJ8vXj8

3. Video 3 https://youtu.be/0pEdb_d4wr4





Tentang Penulis
I Made Edwin Aditya Syahputra