Kegiatan perkenalan dan pre-test. Membagi kelompok pendampingan membaca secara luring.

Hari ini, Senin 5 juli 2021 saya melaksanakan kegiatan pertama yaitu kegiatan perkenalan dan pre-tes. Serta membagi kelompok pendampingan membaca secara luring. Pada hari sebelumnya yaitu Minggu tanggal 4 juli 2021 saya telah menginformasikan kepada orang tua siswa terkait jadwal hari ini. Saya berangkat ke balebanjar desa Jegu yang berlokasi di banjar Sigaran pukul 14.30 WITA, untuk mempersiapkan tempat. Saya menyapu dan membersihkan meja kemudian menata meja dan kursi. Kegiatan  perkenalan dan pre-tes. Serta membagi kelompok pendampingan membaca secara luring dilaksanakan pukul 15.00 s/d 16.00 WITA.

Saya menunggu siswa datang di depan balai banjar. Kemudian menyambut anak dengan salam serta menyemprotkan hand sanitizer dan membagikan masker kepada anak.

Kegiatan perkenalan diawali dengan salam, doa, kemudian saya memperkenalkan diri dan menjelaskan tentang kegiatan pendampingan sebagai program kerja KKNbD yang akan saya laksanakan selama kurang lebih sebulan ke depan. Tidak lupa saya mempersilahkan anak-anak untuk memperkenalkan diri, kemudian mengapresiasi dengan memberi tepuk tangan.

Kegiatan Pre-tes dilaksanakan dengan, memberi teks bacaan cerita sederhana kepada siswa secara bergilir, sembari saya mengamati siswa membaca dan mengkategorikan kemampuan membaca anak pada rubrik yang telah saya persiapkan.

Sesuai dengan kategori kemampuan membaca anak pada rubrik, saya membagi anak kedalam 2 kelompok, yaitu kelompok Kuncup dan Kelompok Mekar. Kelompok Kuncup terdiri dari anak dengan kemampuan membaca rendah, yang terdiri dari 3 anak yaitu Jendra, Nindya dan Irene. Sedangkan kelompok Mekar Terdiri dari anak dengan kemampuan membaca sedang,   yamg terdiri dari 2 anak yaitu Astiqia dan Alin.

Pada hari ini ada 2 anak yang berhalangan hadir yaitu Nandita dan Arda karena sedang flu.

Tentang Penulis