Kegiatan Video Conference II (Tutorial Membuat Tempat Pengiriman dan Pengumpulan Tugas serta Membuat Kuesioner melalui Google Form)

Pada hari Sabtu, 24 Juli 2021 dilaksanakan kegiatan Video Conference II yang dilaksanakan di Google Meet. Adapun materi yang disampaikan pada Vicon I ini yaitu tutorial membuat tempat pengiriman dan pengumpulan tugas melalui Google Form, serta tutorial membuat kuesioner untuk memperoleh data siswa (Pendataan Extrakulikuler Siswa) melalui Google Form. Untuk materi dalam Video Conference II ini, materi akan dijelaskan oleh narasumber. Sebelum kegiatan Vicon ini dilaksanakan, pada pukul 07:40 - 09:15 mahasiswa terlebih dahulu menginfokan jadwal dan waktu untuk kegiatan Vicon 2 kepada masyarakat sasaran melalui WhatsApp Group. Dalam hal ini mahasiswa juga menghubungi masyarakat sasaran secara personal untuk mengetahui apakah masyarakat sasaran dapat mengikuti Vicon 2 ini. Pada Grup KKNbD Mendoyo Dauh Tukad, ada 1 masyarakat sasaran yang tidak bisa ikut Vicon 2 yaitu Bu Suarini Guru Kelas 2 dikarenakan ada Upacara Manusa Yadnya. Sementara itu saat mahasiswa menghubungi secara personal, ada 1 masyarakat sasaran yang tidak bisa ikut Vicon 2 yaitu Bu Sri Guru Kelas 1 dikarenakan sedang sakit. Selanjutnya pada pukul 09:45 - 09:50 mahasiswa mengirimkan link Google Meet dan materi untuk Vicon 2 kepada masyarakat sasaran melalui WhatsApp Group.

Kemudian tiba pada jam Vicon 2 yaitu pukul 10:00 WITA, namun Vicon 2 ini dimulai pada pukul 10:15 WITA karena mahasiswa mendapat kendala yaitu ada masyarakat sasaran yang belum bergabung dalam Vicon 2. Dalam Vicon 2 ini ada 2 masyarakat sasaran yang tidak bisa bergabung dan ada 4 masyarakat sasaran yang bergabung yaitu Bu Suwardani Guru Kelas 3 dengan username Ni Made Ratna Sintya Dewi yang merupakan akun username dari keponakan beliau, Pak Tude Guru Kelas 4 dengan username Gede_Jack, kemudian Pak Dwi Purnawan Guru Kelas 5 dan Bu Dewik Guru Kelas 6 dengan username Kadek Dwi. Dalam hal ini Bu Dewik Guru Kelas 6 mendapatkan kendala, jadi beliau mengikuti Vicon 2 ini dengan cara ikut menumpang pada akun username Pak Dwi Purnawan Guru Kelas 5 yakni Kadek Dwi. Tidak lupa dalam Vicon 2 ini juga dikuti oleh narasumber bernama I Gusti Kade Kardana dengan username igustikade kardana. Kegiatan Vicon I ini dilaksanakan dari pukul 10:15 WITA dan berakhir pada pukul 11:06 WITA. Kegiatan Vicon 2 ini diawali dengan pembukaan oleh mahasiswa sebagai moderator kemudian dilanjutkan oleh narasumber untuk menyampaikan materi pada Vicon 2 ini. Setelah narasumber menyampaikan materi, kemudian kegiatan Vicon 2 ditutup oleh mahasiswa selaku moderator. Secara keseluruhan, kegiatan ini dilaksanakan dengan baik, namun sempat mengalami kendala dikarenakan oleh sinyal atau koneksi.

Setelah kegiatan Vicon I selesai, pada pukul 11:10 WITA mahasiswa menyampaikan ucapan terima kasih melalui WhatsApp Group kepada masyarakat sasaran yang sudah sudah mengikuti Vicon 2. Selain itu mahasiswa juga mengarahkan masyarakat sasaran untuk praktek membuat layanan dari Google Form tersebut. Kemudian pada pukul 16:10 - 19:30 WITA mahasiswa mengirimkan video tutorial membuat tempat pemberian dan pengumpulan tugas siswa, serta tutorial membuat kuesioner untuk masyarakat sasaran yang mengalami kendala saat Vicon 2 dalam pembuatan layanan Google Form tersebut, terutamanya bagi masyarakat sasaran yang tidak ikut Vicon 2.



Di bawah ini adalah link dari video dokumentasi kegiatan Vicon I yang direkam menggunakan aplikasi Bandicam. Pada link ini, video dokumentasi dibagi menjadi 5 bagian yaitu vc 2 bagian 1, vc 2 bagian 2, vc 2 bagian 3, vc 2  bagian 4 dan vc 2 bagian 5. Hal ini dilakukan karena aplikasi Bandicam ini hanya bisa merekam durasi 10 menit pada mode gratis. Berikut merupakan link video dokumentasinya :

https://drive.google.com/drive/folders/1Pnb30Eh7rrIkMJHas6hpZ8XWgjFzrLHh?usp=sharing


Di bawah ini merupakan foto dokumentasi kegiatan untuk hari Sabtu, 24 Juli 2021 secara keseluruhan, dikarenakan pada blog ada batasan jumlah dalam mengupload foto. Berikut linknya :

https://drive.google.com/drive/folders/1aUBsmN-yU_5IC_mCVAwpN2WBRP-i3I5A?usp=sharing






Tentang Penulis
Gusti Ayu Putu Elrian Pradnyanata