KKNbD 2021 : Langkah Pertama, Pembuatan WA Grup dan Pengenalan Masyarakat Sasaran

Pada hari selasa 6 Juli 2021, telah dimulainya pelaksanaan KKNbD 2021. Pelaksanaan KKN ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa agar bisa terjun langsung kelapangan dan menjalankan bidang keilmuan yang telah diperolehnya selama ini. Bentuk pelaksanaannya tentu sangat berbeda sekali dikarenakan pada saat ini kita sedang mengalami musibah bersama yaitu penyebaran virus Covid-19.

 

Sehingga kita pelaksanaan KKN kali ini dilakukan dengan mengandalkan metode daring dan bila memadai dengan kondisi lingkungan mahasiswa itu sendiri maka dilakukan secara offline namun tetap mengandalkan dan menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah.

 

Pada saat ini penerapan peraturan pemerintah sangatlah diperlukan, terlebih lagi memang ini adalah permasalahan kita bersama. Pemerintah dengan segala upayanya berusaha untuk bisa mengembalikan kondisi yang terjadi pada saat ini ke kondisi seperti biasanya yaitu normalisasi. Pandemi covid-19 telah menghantam banyak sekali permasalahan di berbagai bidang salah satunya di bidang ekonomi masyarakat dan kesehatan.

 

Kesehatan merupakan hal yang paling diutamakan, karena memang kesehatan akan mendukung bidang-bidang yang lainnya. Yang paling disayangkan adalah banyak sekali permasalahan yang muncul ketika pemberlakuan peraturan pemerintah. Salah satunya pemahaman masyarakat mengenai arti dari peraturan yang ada. Seperti halnya Pembatasan Sosial Selaka Besar (PSBB) kemarin.

 

Banyak dari masyarakat yang memang tidak mempedulikan akan seruan pemerintah. Faktor utamanya adalah pandangan masyarakat akan Covid ini, banyak yang tidak percaya, banyak yang tidak peduli, dan juga banyak yang tak acuh terhadap upaya yang dilakukan oleh pemerintah.

 

Sehingga apa yang ingin pemerintah lakukan terkesan sia-sia saja. Buktinya pada lebaran tahun lalu yang banyak sekali terpapar Covid-19 karena masyarakat masih saja nekat untuk pulang ke kampung halaman. Melonjaknya kasus ini tentu menimbulkan pertanyaan yaitu bagaimana pandangan masyarakat mengenai peraturan pemerintahan yang berlaku, serta bagaimana cara menerapkan dan menggali keefektifan peretuan pemerintahan agar kita dapat melihat upaya yang dilakukan pemerintah apakah berbuah hasil yang maksimal dan perlu untuk dilanjutkan atau justru perlu akan adanya peraturan yang baru.

 

Pada pelaksanaan KKNbD kali ini, saya berupaya semaksimal mungkin untuk mencari tahu solusi yang perlu dilakukan pemerintahan dengan menganalisis serta menerapkan peraturan tersebut kepada masyarakat disekitar saya. Dan kebetulan sekali memang masyarakat yang ada di sekitar saya memiliki potensi untuk terpapar Covid-19. Mengapa demikian, itu karena masyarakat sekitar saya memiliki pola hidup yang masih seperti biasanya. Dan sejauh ini masih banyak interaksi yang dilakukan masyarakat sekitar saya. Sehingga peluang terpaparnya Covid-19 sangat besar.

 

Disini saya mengambil beberapa responden yang mau untuk bisa digali informasinya dan menerapkan program penerapan peraturan pemerintah yang berlaku pada saat ini. Dan pada awal pertemuan kali ini kami telah membuat forum diskusi informal yang dibentuk melalui grup WhatsApp, serta melakukan pengenalan sebagai langkah pertama untuk menjalankan program kerja yang saya usulkan.

 

Dengan adanya grup ini diharapkan koordinasi mengenai langkah-langkah yang akan dilakukan ke depannya bisa lebih lancar. serta penerapan program kerja bisa berjalan sebagai mestinya dan menghasilkan dampak positif bagi masyarakat dan jadi pedoman untuk penyelenggara negara.