KKNbD MINGGU KEEMPAT : Pemberian Tugas, Kuis, dan Evaluasi Kepada Masyarakat Sasaran

Desa Belega, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar

Tidak disangka pelaksanaan KKNbD ini sudah berada di tahap akhir. Untuk mengakhiri pelaksanaan program ini, saya mengadakan beberapa agenda. Agenda tersebut dilaksanakan guna mengetahui tingkat keberhasilan program kerja yang telah dijalankan selama 3 minggu ini. Adapun agenda yang telah dilaksanakan pada minggu keempat ini adalah sebagai berikut.


Senin, 26 Juli 2021 Pukul 11.00 - 11.20 WITA

Agenda Kegiatan :

Menyampaikan kepada masyarakat sasaran mengenai jadwal pelaksanaan evaluasi kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 28 Juli 2021 Pukul 17.00 WITA. Adapun pelaksanaan evaluasi menggunakan kuisioner pada Google Form dengan memberikan beberapa pernyataan terkait program kerja dan saat pelaksanaan program kerja. Di sana masyarakat sasaran melakukan penilaian terhadap KKNbD yang sudah berjalan ini. 

Rabu, 28 Juli 2021 Pukul 17.00 - 17.30 WITA

Agenda Kegiatan :

Menginformasikan mengenai pelaksanaan evaluasi dan mengirimkan link Google Form kepada masyarakat sasaran melalui WhatsApp Group agar mereka bisa melakukan penilaian atau evaluasi terkait pelaksanaan KKNbD selama 3 minggu terakhir ini. Jika dilihat hasil penilaian evaluasi dari masyarakat sasaran, mereka menilai dengan sangat baik dan ada juga yang memberikan beberapa saran untuk pelaksanaan KKN di tahun selanjutnya. 

Jumat, 30 Juli 2021 Pukul 17.00 - 18.00 WITA

Agenda Kegiatan :

Pada hari ini ada tambahan kegiatan sesuai dengan masukan dari dosen pendamping, maka saya menginformasikan kepada masyarakat sasaran bahwa akan ada penugasan dan kuis untuk menilai tingkat keberhasilan dari program kerja yang telah dijalankan. Penugasan yang diberikan berupa pembuatan foto produk untuk promosi yang mana akan dikirimkan melalui WhatsApp Group, kemudian akan dilanjutkan dengan pengerjaan kuis teori yang berisikan 15 buah soal. 

Sabtu, 31 Juli 2021 Pukul 18.00 - 19.00 WITA

Agenda Kegiatan :

Pertama masyarakat sasaran mengirimkan hasil foto produk yang sudah dibuat masing-masing. Setelah itu, masyarakat sasaran diberikan waktu 45 menit untuk menjawab kuis yang telah dibagikan di WhatsApp Group. Setelah semua menjawab kuis yang dibagikan, kegiatan KKNbD di Desa Belega dinyatakan sudah berakhir. Dilihat dari nilai yang diperoleh masyarakat sasaran terkait kuis tersebut sudah lumayan bagus karena rata-rata poin yang diperoleh sebesar 97,6 poin. Bisa dikatakan masyarakat sasaran sudah memahami materi yang dibawakan selama pelaksanaan KKNbD ini.


Demikianlah, pelaksanaan KKNbD minggu keempat yang mana merupakan tahap akhir pelaksanaan KKNbD di Desa Belega. Diharapkan informasi yang sudah diberikan dapat membantu masyarakat lain untuk melanjutkan usahanya walau masih dalam keadaan pandemi seperti ini. Baik, kurang lebih seperti itu yang dapat saya sampaikan mengenali pelaksanaan tahap akhir KKNbD di Desa Belega, diharapkan informasi ini dapat diterima dengan baik. Terima kasih.



Tentang Penulis