KKNbD Minggu Keempat: Pembuatan Materi Bimbingan dan Test Evaluasi, Melakukan Bimbingan dan Diskusi, Melakukan Test Evaluasi, dan Membuat Laporan Akhir KKNbD

Berikut merupakan kegiatan yang saya lakukan bersama dengan kelompok sasaran pada minggu terakhir pelaksanaan KKNbD ini (26-31 Juli 2021)

Pembuatan Materi dan Tes Evaluasi 

Materi minggu terakhir ini merupakan lanjutan materi laju reaksi yaitu orde reaksi. Kelompok sasaran diharapkan dapat memahami tentang pengertian orde reaksi dan mengetahui rumus umum yang digunakan dalam orde reaksi. Selain membuat bimbingan materi, saya juga menyempatkan untuk membuat evaluasi tes bimbingan belajar ini dengan materi senyawa hidrokarbon dan laju reaksi. Soal yang digunakan adalah objektif dan essay yang terdiri dari 15 soal. Materi dan evaluasi evaluasi mulai dibuat dari tanggal 25 Juli 2021. Adapun materi tersebut dapat dilihat di link di bawah.

https://drive.google.com/file/d/1DDzJjkpREFDD1HEEGyA-4ORfXO9vSU5R/view?usp=sharing  

Melakukan Bimbingan dan Diskusi

Pada minggu terakhir pelaksanaan program bimbingan belajar dalam rangka KKNbD ini dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2021, sedangkan diskusinya dilakukan pada tanggal 29 Juli 2021. Pada saat materi dibagikan dengan antusias mulai menurun terlihat dari yang menanggapi diskusi mulai menurun.

Melakukan Tes Evaluasi

Kegiatan yang juga dilaksanakan pada minggu terakhir ini adalah evaluasi dari kegiatan ini. Saya memberikan soal untuk mengukur kemampuan atau tingkat partisipasi kelompok sasaran terhadap proses bimbingan ini. Kegiatan uji ini dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2021. Hasilnya para kelompok sasaran memiliki nilai di atas rata-rata, ini menandakan kelompok sasaran memiliki antusias dalam kegiatan bimbingan dan memiliki kemauan untuk belajar dan mengikuti kegiatan ini. Berikut adalah link test yang digunakan dalam kegiatan ini.

https://forms.gle/q9JMkBdrcdGn4ukC7

Membuat Laporan Akhir KKNbD

Kegiatan KKNbD ini sudah memasuki akhir, sehingga saya siap untuk menyusun sedikit demi sedikit laporan akhir dari kegiatan ini. Saat ini sudah menyusun hasil pelaksaan dan kesimpulan.

Sekian rangkaian kegiatan yang saya lakukan selama minggu terakhir  KKNbD Undiksha 2021.