KKNT 2021 Minggu Keempat #1 : Pembuatan kuis Quizizz oleh guru, penyebaran link kuis, serta hasil jawaban kuis oleh siswa

Kegiatan KKNT 2021 Minggu Keempat kegiatan pertama 

Pembuatan kuis pada Aplikasi Quizizz oleh guru, penyebaran link kuis, serta hasil jawaban kuis Quizizz oleh siswa


Apa yang dilakukan ?

Berdasarkan jadwal program kerja, pada minggu keempat adalah minggu terakhir kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz untuk guru dan siswa. Minggu keempat ini memiliki 2 kegiatan. Kegiatan yang pertama yaitu melaksanakan proses pembuatan kuis pada aplikasi Quizizz yang dibuat langsung oleh guru dengan tetap dibimbing dan bina, penyebaran link kuis yang telah selesai dibuat kepada siswa, serta hasil pengerjaan kuis Quizizz yang telah dikerjakan oleh siswa. 


  • Kapan kegiatan ini dilaksanakan ?

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2021 dengan keseluruhan alokasi waktu adalah 10 jam. 4 jam pertama dimulai pagi hari hingga siang hari yaitu kegiatan pembuatan kuis interaktif di aplikasi Quizizz. Palu dilanjutkan 1 jam kedua yaitu siang hari dilaksanakan kegiatan penyebaran link kuis kepada siswa serta arahan untuk mengerjakan kuis. Lalu 5 jam terakhir yaitu menunggu hasil pengawasan pengerjaan kuis oleh siswa serta perekapan hasil jawaban kuis siswa pada aplikasi Quizizz. 


  • Mengapa kegiatan ini dilaksanakan ?

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai kegiatan final untuk merealisasikan pelatihan yang telah dilaksanakan sebelumnya. Pembuatan kuis dilaksanakan bertujuan agar guru menjadi tahu bagaimana cara membuat kuis yang baik dan benar serta interaktif bagi siswa, kemudian pengerjaan kuis oleh siswa bertujuan untuk melatih siswa belajar dengan memanfaatkan teknologi dan aplikasi belajar, mengukur pemahaman san kemampuan peserta didik dalam mengoperasikan aplikasi Quizizz, serta mengukur pemahaman pembelajaran dengan kuis tersebut yang nantinya kuis tersebut akan langsung memunculkan nilai siswa setelah proses pengerjaan. Nilai ini bisa dilihat oleh siswa dan guru. 


  • Dimana pelaksanaan kegiatan ini?

Kegiatan ini masih dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan smartphone masing-masing. Pada pembuatan kuis dilaksanakan di langsung di aplikasi Quizizz, kemudian penyebaran link dilaksanakan di Whatsapp grup masyarakat sasaran, dan yang terakhir yaitu kegiatan pengerjaan kuis oleh siswa juga dilakukan secara langsung di aplikasi Quizizz. 


  • Siapa sasaran dalam kegiatan ini ?

Masyarakat sasaran dalam kegiatan ini adalah tentunya guru wali kelas 5 selaku pembuat kuis pada aplikasi Quizizz serta siswa kelas 5 yang berjumlah 5 orang untuk mengerjakan kuis yang telah diberikan. Seluruh masyarakat sasaran saling berkontribusi dalam menyukseskan pelaksanaan pembuatan hingga hasil akhir pada kuis Quizizz ini. 


  • Bagaimana pelaksanaan kegiatan ini ?

Pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan pembuatan soal kuis oleh guru. Pada pembuatan soal ini mengalami sedikit kendala yaitu kesibukan guru sehingga pebimbingan harus dilaksanakan secara bertahap. Kemudia dilanjutkan dengan penyebaran link kuis yang telah jadi lalu kegiatan selanjutnya adalah mengarahkan siswa untuk menjawab kuis tersebut. Pada kegiatan pengerjaan ini, siswa diwajibkan menjawab semua soal dengan sebaik-baiknya serta mengscreenshot dan mengirim hasil jawaban kuis yang telah dikerjakan ke grup Whatsapp sebagai bukti bahwa siswa tersebut telah mengerjakan. Tidak hanya itu, guru juga dapat memantau hasil siswa melalui kuis tersebut sehingga ketika siswa selesai mengerjakan kuis, nilai langsung muncul. Tidak ada kendala yang berarti yang dialami oleh guru maupun siswa dalam kegiatan ini. Kegiatan berjalan lancar. 


TERIMAKASIH. SAMPAI JUMPA DI BLOG SELANJUTNYA !!



Tentang Penulis