KKNT 2021 Minggu Keempat #2 : Evaluasi

Kegiatan KKNT 2021 Minggu Keempat kegiatan kedua

Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Aplikasi Quizizz untuk Guru dan Siswa


  • Apa yang dilakukan ?

Berdasarkan jadwal program kerja bahwa telah sampai dikegiatan kedua minggu keempat yaitu kegiatan evaluasi pelaksanaan pelatihan aplikasi Quizizz untuk guru dan siswa. Kegiatan evaluasi ini meliputi pembuatan lembar evaluasi, penyebaran link, serta perekapan hasil evaluasi. Kegiatan ini sekaligus menjadi kegiatan terakhir dan penutup pada kegiatan KKNT 2021. 


  • Kapan kegiatan ini dilaksanakan ?

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2021 dengan keseluruhan alokasi waktu adalah 3 jam. 2 jam untuk pembuatan lembar evaluasi dan 1 jam untuk penyebaran link dan perekapan hasil evaluasi. 


  • Mengapa kegiatan ini dilaksanakan ?

Kegiatan evaluasi ini dilaksanakan bertujuan sebagai bahan evaluasi apakah masyarakat sasaran setelah mengikuti pelatihan sudah mampu menggunakan dan mengoperasikan aplikasi Quizizz dengan baik. Melalui lembar evaluasi ini diharapkan masyarakat sasaran mampu memberikan jawaban jujur terkait hal apa yang dirasakan selama mengikuti pelatihan serta kendala-kendala yang dihadapi. Sehingga kedepannya baik hal-hal yang didapatkan dan kendala dapat tingkatkan dan diberikan solusi yang tepat.  


  • Dimana kegiatan ini dilaksanakan ?

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan situs google form dan flatform grup Whatsapp. Pembuatan lembar evaluasi dilakukan di google form selanjutnya penyebaran link evaluasi dilakukan di flatform grup Whatsapp masyarakat sasaran. 


  • Siapa sasaran dalam kegiatan ini? 

Sasaran dalam kegiatan ini adalah seluruh masyarakat sasaran yang telah bersedia mengikuti pelatiha ialah seorang guru wali kelas  5 dan 5 orang siswa kelas 5 SD. 


  • Bagaimana pelaksanaan kegiatan ini?

Pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan pembuatan lembar evaluasi. Isi dari form evaluasi diusahakan dapat menggambarkan keadaan masyarakat sasaran secara nyata dan jujur sehingga pertanyaan yang dijabarkan memang dibuat meyakinkan dan benar-benar berdasarkan apa yang dialami masyarakat sasaran. Kemudian link evaluasi di sebarkan di grup Whatsapp masyarakat sasaran. Dari hasil perekapan survei evaluasi tersebut. Rata-rata jawaban dari responden sangat baik. Hasil yang didapat ialah seluruh masyarakat sasaran sudah mampu mengoperasikan dan menggunakan aplikasi Quizizz setelah mengikuti pelatihan, proses pelatihan sangat dinikmati oelh masyarakat sasaran serta kesan dan pesan yang diberikan juga sangat baik dan memotivasi sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan ini berjalan lancar, baik, dan berhasil. 


Link lembar evaluasi : https://forms.gle/CZNTXVazBg1NBq6A7


TERIMAKASIH. SAMPAI JUMPA DI BLOG SELANJUTNYA !!

Tentang Penulis