Kunjungan ke rumah masyarakat sasaran
- Oleh Luh Wiratni
- Saturday 01/08/2020
- Kelompok 28, Kelompok, Kelompok
Kegiatan Minggu ke-4 yang dilaksanakan pada hari Sabtu 1 Agustus 2020 yaitu kunjungan secara langsung ke rumah masyarakat sasaran. Kegiatan ini memfokuskan pada memperdalam pemahaman masyarakat sasaran terhadap materi yang telah diberikan selama pelaksanaan KMbD ini. Selain itu kunjungan ini juga dilaksanakan sebagai bentuk ucapan terimakasih atas partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan KMbD yang telah terlewati selama sebulan ini.
Kunjungan ini dilakukan dengan memperhatikan segala aspek kesehatan dan menjalankan protokol kesehatan agar terhindar dari virus Corona. Saya berkunjung ke masing-masing rumah masyarakat sasaran dan tidak melakukan perkumpulan untuk menyampaikan maksud dan tujuan saya berkunjung.
Kegiatan pertama yang saya lakukan saat berkunjung adalah menjelaskan kembali bahaya Covid19,bagaimana cara penularannya dan bagaimana pencegahannya. Karena berbagai informasi yang telah didapatkan dari berbagai sumber dan sudah pernah didiskusikan bersama maka tak ada pertanyaan lebih lanjut dari masyarakat sasaran yang saya kunjungi.
Kegiatan kedua adalah menekankan terhadap dampak ekonomi yang disebabkan oleh pandemi Covid19 yang mengkhususkan terhadap penghasilan masyarakat. Selain itu saya juga membahas sejauh mana materi yang didapatkan bisa diterapkan pada kehidupannya yaitu cara mengelola keuangan pada saat pandemi Covid19. Tapi ada beberapa masyarakat yang masih sulit menerapkannya karena pemasukan dan pengeluaran yang tidak seimbang terkadang membuat beberapa masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari pada saat pandemi seperti ini.
Kegiatan ketiga adalah memberikan bimbingan kepada masyarakat untuk memilih ide usaha sampingan yang cocok saat pandemi seperti sekarang ini. Beberapa masyarakat masih tidak percaya diri akan keterampilan yang dimiliki dan apakah produk yang mereka jual dapat di terima oleh masyarakat. Saya lebih menekankan terhadap ide usaha apa yang akan cepat diterima dan mudah di jual kepada pelanggan. Selain itu saya memberikan masukan agar menawarkan produk yang dijual kepada orang-orang terdekat terlebih dahulu sebelum menjualnya ke masyarakat luar.
Kegiatan keemapat adalah pemberian batuan masker terhadap masyarakat sasaran agar bisa digunakan pada saat melakukan aktivitas.