Melaksanakan Evaluasi Terhadap Pelaksanaan Program Kerja Yang Telah Dilaksanakan Kepada Masyarakat Sasaran di Desa Abiansemal

Senin, 02 Agustus 2021

Hari ini saya melaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan program kerja yang telah dilaksanakan kepada masyarakat sasaran di Desa Abiansemal. Namun, sebelum kegiatan evaluasi ini dilaksanakan saya memberikan kesempatan kepada masyarakat sasaran untuk menyampaikan kendala yang dihadapi selama mengikuti pelaksanaan KKNbD secara daring. Kegiatan menyampaikan kendala yang dihadapi oleh masyarakat sasaran ini dilaksanakan pada pukul 08.00 – 09.00 WITA melalui Grup Whatsapp Pelatihan Educandy.

Berdasarkan kegiatan menyampaikan kendala yang dihadapi oleh masyarakat sasaran melalui Grup Whatsapp Pelatihan Educandy, maka dapat diketahui bahwa selama mengikuti pelaksanaan KKNbD secara daring masyarakat sasaran tidak memiliki kendala. Hal tersebut berarti kegiatan pelatihan yang saya berikan kepada masyarakat sasaran secara daring berjalan dengan lancar, sehingga kegiatan KKNbD di Desa Abiansemal dapat terselesaikan dengan baik.

Setelah kegiatan menyampaikan kendala yang dihadapi oleh masyarakat sasaran melalui Grup Whatsapp Pelatihan Educandy selesai, maka dilanjutkan dengan melaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan program kerja yang telah dilaksanakan kepada masyarakat sasaran di Desa Abiansemal. Kegiatan evaluasi ini dilaksanakan secara daring pada pukul 10.00 – 11.00 WITA melalui Grup Whatsapp Pelatihan Educandy.

Tujuan dari kegiatan evaluasi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan dari program kerja yang telah dilaksanakan selama pelaksanaan program KKNbD Undiksha tahun 2021 di Desa Abiansemal. Berdasarkan kegiatan evaluasi yang dilaksanakan menggunakan Google Formulir, maka dapat diketahui hasil evaluasi adalah sebagai berikut:

1.      Sebanyak 100% Bapak dan Ibu Guru yang selaku masyarakat sasaran KKNbD di Desa Abiansemal menyatakan bahwa sebelumnya tidak pernah mengikuti pelatihan membuat media interaktif berbasis game edukasi. Hal tersebut menunjukkan bahwa program KKN yang saya laksanakan kepada masyarakat sasaran di Desa Abiansemal adalah program rintisan (program murni, program ini belum pernah ada di desa Abiansemal).

2.      Sebanyak 100% Bapak dan Ibu Guru yang selaku masyarakat sasaran KKNbD di Desa Abiansemal menyatakan bahwa sebelum mengikuti pelatihan mengenai pembuatan media interaktif berbasis game edukasi menggunakan situs web Educandy para masyarakat sasaran belum mengetahui tentang situs web Educandy.

3.      Sebanyak 100% Bapak dan Ibu Guru yang selaku masyarakat sasaran KKNbD di Desa Abiansemal menyatakan bahwa materi pelatihan yang saya berikan baik dalam bentuk file PDF, video tutorial, dan dalam kegiatan Zoom Meeting dapat dengan mudah dipahami oleh para masyarakat sasaran.

4.      Sebanyak 100% Bapak dan Ibu Guru yang selaku masyarakat sasaran KKNbD di Desa Abiansemal menyatakan bahwa sangat paham terhadap materi yang saya berikan baik dalam bentuk file PDF maupun dalam bentuk video tutorial.

5.      Sebanyak 80% Bapak dan Ibu Guru yang selaku masyarakat sasaran KKNbD di Desa Abiansemal menyatakan bahwa sangat paham dengan materi yang saya sampaikan pada kegiatan Zoom Meeting. Sedangkan, sebanyak 20% menyatakan bahwa masyarakat sasaran tersebut paham dengan materi yang saya sampaikan pada kegiatan Zoom Meeting. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa masyarakat sasaran dapat memahami dengan baik materi yang saya sampaikan pada kegiatan Zoom Meeting.

6.      Sebanyak 100% Bapak dan Ibu Guru yang selaku masyarakat sasaran KKNbD di Desa Abiansemal menyatakan bahwa pelatihan membuat media interaktif berbasis game edukasi ini dapat membantu para masyarakat sasaran dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa.

7.      Sebanyak 80% Bapak dan Ibu Guru yang selaku masyarakat sasaran KKNbD di Desa Abiansemal menyatakan bahwa game edukasi yang dibuat menggunakan situs web Educandy sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan memotivasi siswa untuk belajar. Sedangkan, sebanyak 20% menyatakan bahwa game edukasi yang dibuat menggunakan situs web Educandy efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan memotivasi siswa untuk belajar. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa game edukasi yang dibuat menggunakan situs web Educandy sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan memotivasi siswa untuk belajar.

8.      Sebanyak 80% Bapak dan Ibu Guru yang selaku masyarakat sasaran KKNbD di Desa Abiansemal menyatakan bahwa game edukasi ini lebih cocok untuk diterapkan ketika pembelajaran daring dan luring. Sedangkan, sebanyak 20% menyatakan bahwa game edukasi ini lebih cocok untuk diterapkan ketika pembelajaran daring saja. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa game edukasi ini sangat cocok untuk digunakan dalam pembelajaran daring maupun luring.

9.      Sebanyak 100% Bapak dan Ibu Guru yang selaku masyarakat sasaran KKNbD di Desa Abiansemal menyatakan bahwa game edukasi sangat cocok untuk diberikan kepada siswa kelas rendah dan siswa kelas tinggi.

10.  Sebanyak 80% Bapak dan Ibu Guru yang selaku masyarakat sasaran KKNbD di Desa Abiansemal menyatakan bahwa kemampuan saya dalam menyampaikan materi pelatihan baik dalam bentuk file PDF maupun dalam bentuk video tutorial serta dalam kegiatan Zoom Meeting adalah sangat baik. Sedangkan, sebanyak 20% menyatakan bahwa kemampuan saya dalam menyampaikan materi pelatihan baik dalam bentuk file PDF maupun dalam bentuk video tutorial serta dalam kegiatan Zoom Meeting adalah baik. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan dalam menyampaikan materi pelatihan baik dalam bentuk file PDF maupun dalam bentuk video tutorial serta dalam kegiatan Zoom Meeting sudah sangat baik.

Berdasarkan hasil evaluasi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa program kerja KKNbD yang dilaksanakan bersama masyarakat sasaran di Desa Abiansemal telah berhasil dengan baik. Berikut ini adalah kesan dan pesan Bapak dan Ibu Guru yang selaku masyarakat sasaran KKNbD di Desa Abiansemal.

1.      Mengikuti pelatihan ini sangat membantu dalam memberikan pembelajaran yang menarik bagi siswa. Dengan membuat game edukasi sebagai guru saya dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa yaitu belajar sambil bermain.

2.      Kegiatan pelatihan ini sangat membantu saya dalam membuat media pembelajaran interaktif yang berbasis game edukasi, sehingga dapat mendorong siswa untuk lebih semangat mengikuti pembelajaran.

3.      Kesan: sangat menarik dan membantu. Pesan: lebih banyak pelatihan pelatihan diadakan dan lebih banyak sasarannya karena sangat bermanfaat bagi guru dalam proses pembelajaran.

4.      Kegiatan pelatihan membuat media interaktif berbasis game edukasi menggunakan situs web sangat membatu menambah wawasan dalam memberikan pemahaman materi kepada siswa, sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam belajar.

5.      Dapat memotivasi siswa agar lebih semangat belajar.

Demikianlah kegiatan pelaksanaan program kerja KKNbD hari ini. Berikut ini akan saya lampirkan link dokumentasi tambahan dari kegiatan pelaksanaan program kerja KKNbD hari ini.

https://drive.google.com/file/d/1BV9aM4JKSgtuDCEiSuMIZ8trRMdMtjaB/view?usp=sharing


Tentang Penulis