Melaksanakan Evaluasi Terhadap Pelaksanaan Program Kerja Yang Telah Dilaksanakan Kepada Masyarakat Sasaran di Desa Abiansemal
- Oleh Ni Made Gayatri Dewi
- Monday 02/08/2021
- Kelompok 171, Kelompok, Kelompok
Senin,
02 Agustus 2021
Hari
ini saya melaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan program kerja yang telah dilaksanakan
kepada masyarakat sasaran di Desa Abiansemal. Namun, sebelum kegiatan evaluasi
ini dilaksanakan saya memberikan kesempatan kepada masyarakat sasaran untuk
menyampaikan kendala yang dihadapi selama mengikuti pelaksanaan KKNbD secara
daring. Kegiatan menyampaikan kendala yang dihadapi oleh masyarakat sasaran ini
dilaksanakan pada pukul 08.00 – 09.00 WITA melalui Grup Whatsapp Pelatihan
Educandy.
Berdasarkan
kegiatan menyampaikan kendala yang dihadapi oleh masyarakat sasaran melalui Grup
Whatsapp Pelatihan Educandy, maka dapat diketahui bahwa selama mengikuti pelaksanaan
KKNbD secara daring masyarakat sasaran tidak memiliki kendala. Hal tersebut
berarti kegiatan pelatihan yang saya berikan kepada masyarakat sasaran secara
daring berjalan dengan lancar, sehingga kegiatan KKNbD di Desa Abiansemal dapat
terselesaikan dengan baik.
Setelah
kegiatan menyampaikan kendala yang dihadapi oleh masyarakat sasaran melalui Grup
Whatsapp Pelatihan Educandy selesai, maka dilanjutkan dengan melaksanakan evaluasi
terhadap pelaksanaan program kerja yang telah dilaksanakan kepada masyarakat
sasaran di Desa Abiansemal. Kegiatan evaluasi ini dilaksanakan secara daring pada
pukul 10.00 – 11.00 WITA melalui Grup Whatsapp Pelatihan Educandy.
Tujuan
dari kegiatan evaluasi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan
dari program kerja yang telah dilaksanakan selama pelaksanaan program KKNbD
Undiksha tahun 2021 di Desa Abiansemal. Berdasarkan kegiatan evaluasi yang
dilaksanakan menggunakan Google Formulir, maka dapat diketahui hasil evaluasi
adalah sebagai berikut:
1. Sebanyak
100% Bapak dan Ibu Guru yang selaku masyarakat sasaran KKNbD di Desa Abiansemal
menyatakan bahwa sebelumnya tidak pernah mengikuti pelatihan membuat media
interaktif berbasis game edukasi. Hal tersebut menunjukkan bahwa program KKN
yang saya laksanakan kepada masyarakat sasaran di Desa Abiansemal adalah program
rintisan (program murni, program ini belum pernah ada di desa Abiansemal).
2. Sebanyak
100% Bapak dan Ibu Guru yang selaku masyarakat sasaran KKNbD di Desa Abiansemal
menyatakan bahwa sebelum mengikuti pelatihan mengenai pembuatan media
interaktif berbasis game edukasi menggunakan situs web Educandy para masyarakat
sasaran belum mengetahui tentang situs web Educandy.
3. Sebanyak
100% Bapak dan Ibu Guru yang selaku masyarakat sasaran KKNbD di Desa Abiansemal
menyatakan bahwa materi pelatihan yang saya berikan baik dalam bentuk file PDF,
video tutorial, dan dalam kegiatan Zoom Meeting
dapat dengan mudah dipahami oleh para masyarakat sasaran.
4. Sebanyak
100% Bapak dan Ibu Guru yang selaku masyarakat sasaran KKNbD di Desa Abiansemal
menyatakan bahwa sangat paham terhadap materi yang saya berikan baik dalam
bentuk file PDF maupun dalam bentuk video tutorial.
5. Sebanyak
80% Bapak dan Ibu Guru yang selaku masyarakat sasaran KKNbD di Desa Abiansemal
menyatakan bahwa sangat paham dengan materi yang saya sampaikan pada kegiatan Zoom Meeting. Sedangkan, sebanyak 20%
menyatakan bahwa masyarakat sasaran tersebut paham dengan materi yang saya
sampaikan pada kegiatan Zoom Meeting.
Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa masyarakat sasaran
dapat memahami dengan baik materi yang saya sampaikan pada kegiatan Zoom Meeting.
6. Sebanyak
100% Bapak dan Ibu Guru yang selaku masyarakat sasaran KKNbD di Desa Abiansemal
menyatakan bahwa pelatihan membuat media interaktif berbasis game edukasi ini
dapat membantu para masyarakat sasaran dalam menciptakan suasana belajar yang
menyenangkan bagi siswa.
7. Sebanyak
80% Bapak dan Ibu Guru yang selaku masyarakat sasaran KKNbD di Desa Abiansemal
menyatakan bahwa game edukasi yang dibuat menggunakan situs web Educandy sangat
efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan memotivasi siswa untuk
belajar. Sedangkan, sebanyak 20% menyatakan bahwa game edukasi yang dibuat menggunakan
situs web Educandy efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan
memotivasi siswa untuk belajar. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan
bahwa game edukasi yang dibuat menggunakan situs web Educandy sangat efektif
untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan memotivasi siswa untuk belajar.
8. Sebanyak
80% Bapak dan Ibu Guru yang selaku masyarakat sasaran KKNbD di Desa Abiansemal
menyatakan bahwa game edukasi ini lebih cocok untuk diterapkan ketika
pembelajaran daring dan luring. Sedangkan, sebanyak 20% menyatakan bahwa game edukasi
ini lebih cocok untuk diterapkan ketika pembelajaran daring saja. Berdasarkan
hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa game edukasi ini sangat cocok
untuk digunakan dalam pembelajaran daring maupun luring.
9. Sebanyak
100% Bapak dan Ibu Guru yang selaku masyarakat sasaran KKNbD di Desa Abiansemal
menyatakan bahwa game edukasi sangat cocok untuk diberikan kepada siswa kelas
rendah dan siswa kelas tinggi.
10. Sebanyak
80% Bapak dan Ibu Guru yang selaku masyarakat sasaran KKNbD di Desa Abiansemal
menyatakan bahwa kemampuan saya dalam menyampaikan materi pelatihan baik dalam
bentuk file PDF maupun dalam bentuk video tutorial serta dalam kegiatan Zoom Meeting adalah sangat baik.
Sedangkan, sebanyak 20% menyatakan bahwa kemampuan saya dalam menyampaikan
materi pelatihan baik dalam bentuk file PDF maupun dalam bentuk video tutorial
serta dalam kegiatan Zoom Meeting adalah
baik. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan dalam
menyampaikan materi pelatihan baik dalam bentuk file PDF maupun dalam bentuk
video tutorial serta dalam kegiatan Zoom
Meeting sudah sangat baik.
Berdasarkan
hasil evaluasi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa program kerja KKNbD yang dilaksanakan
bersama masyarakat sasaran di Desa Abiansemal telah berhasil dengan baik. Berikut
ini adalah kesan dan pesan Bapak dan Ibu Guru yang selaku masyarakat sasaran
KKNbD di Desa Abiansemal.
1. Mengikuti
pelatihan ini sangat membantu dalam memberikan pembelajaran yang menarik bagi
siswa. Dengan membuat game edukasi sebagai guru saya dapat memberikan
pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa yaitu belajar sambil bermain.
2. Kegiatan
pelatihan ini sangat membantu saya dalam membuat media pembelajaran interaktif
yang berbasis game edukasi, sehingga dapat mendorong siswa untuk lebih semangat
mengikuti pembelajaran.
3. Kesan:
sangat menarik dan membantu. Pesan: lebih banyak pelatihan pelatihan diadakan
dan lebih banyak sasarannya karena sangat bermanfaat bagi guru dalam proses
pembelajaran.
4. Kegiatan
pelatihan membuat media interaktif berbasis game edukasi menggunakan situs web
sangat membatu menambah wawasan dalam memberikan pemahaman materi kepada siswa,
sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam belajar.
5. Dapat
memotivasi siswa agar lebih semangat belajar.
Demikianlah kegiatan pelaksanaan program kerja KKNbD hari ini. Berikut ini akan saya lampirkan link dokumentasi tambahan dari kegiatan pelaksanaan program kerja KKNbD hari ini.
https://drive.google.com/file/d/1BV9aM4JKSgtuDCEiSuMIZ8trRMdMtjaB/view?usp=sharing