Melaksanakan Kegiatan Terakhir "Menutup Kegiatan Dengan Pemberian Link Evaluasi Kegiatan Pelatihan Miscrosoft Word dan PowerPoint Kepada Masyarakat Sasaran"

Om Swastyastu

Salam KKNbD Undiksha 2021

“Pelatihan penggunaan Miscrosoft Office (Word dan PowerPoint) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 bagi siswa SMP di Wilayah Desa Kenderan”

Kegiatan terakhir yakni melaksanakan evaluasi keseluruhan kegiatan KKNbD kepada masyarakat sasaran yang dilaksanakan pada hari Minggu, 1 Agustus 2021. Pelaksanaan KKNbD selama kurang lebih satu bulan ini berjalan cukup lancar. Dari total 5 program pelatihan yang direncanakan dengan 8 kali pertemuan, semua program tersebut dapat terlaksana dan direalisasikan dengan baik. Kegiatan KKNbD ini sudah terlaksnakan praktik bagi masyarakat sasaran, sehingga diharapkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat sasaran akan Miscrosoft Office (Word dan PowerPoint) semakin baik. Meskipun semua program dan pertemuan terlaksana dengan baik, terdapat beberapa kendala yang dialami selama pelaksanaan program diantaranya terkendalan kendala koneksi internet yang terkadang tidak stabil dimana masyarakat sasaran keluar masuk pada saat melaksanakan pertemuan melalui Google Meet. Selain itu masyarakat sasaran terkendala fasilitas laptop, namun sudah dapat diatasi dengan menggunakan laptop secara bergantian dengan masyarakat sasaran lainnya.

Melaksanakan evaluasi secara terhadap pelatihan yang dilaksanakan bersama masyarakat sasaran terkait program kerja yang telah terlaksana. Melalui evaluasi ini, masyarakat sasaran dapat melatih kembali fitur-fitur penggunaan Miscrosoft Word dan PowerPoint. Masyarakat sasaran akan dapat mengingat dan memahami lebih baik jika terdapat kesalahan pada saat evaluasi. Evaluasi ini dilaksanakan melalui Google Form yang dibagikan kepada masyarakat sasaran melalui Whatsapp Group serta memberikan tugas latihan sebagai bahan evaluasi penggunaan Miscrosoft Office (Word dan PowerPoint) dengan kriteria tertentu. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan melalui Google Form, respon masyarakat sasaran sangat baik dimana pada pelatihan ini mereka mendapatkan beberapa manfaat seperti mendapatkan pengetahuan tambahan tentang penggunaan dan tampilan dari Miscrosoft Office (Word dan PowerPoint), seperti fitur dan fasilitasnya, fungsi dan kegunaan keyboard pada Miscrosoft Office (Word dan PowerPoint). Selain itu, manfaat dari pelatihan ini berdampak besar bagi kelangsungan dan kelancaran pendidikan dari masyarakat sasaran. 

Om Shanti, Shanti, Shanti Om

Tentang Penulis