Melaksanakan pendampingan belajar membaca secara luring
- Oleh Ni Komang Prasti Gayatri
- Wednesday 28/07/2021
- Kelompok 267, Kelompok, Kelompok
Hari ini, Rabu 28 juli
2021 saya melaksanakan kegiatan pendampingan
belajar membaca secara luring. Pada hari sebelumnya yaitu Senin tanggal 26 juli 2021 saya telah menginformasikan
kepada anak-anak sesudah
melaksanakan pendampingan belajar, serta memberitahukan orang tua siswa
terkait jadwal hari ini.
Saya berangkat ke balai banjar
desa Jegu, yang terletak di banjar sigaran pukul 14.30 WITA, untuk
mempersiapkan tempat. Saya melakukan persembahyangan, menyapu
dan membersihkan meja kemudian menata meja dan kursi. Kegiatan
pendampingan hari ini adalah belajar kata terbuka dan kata tertutup. Kegiatan
ini berlangsung pukul 15.00 s/d 17.00 WITA.
Saya menunggu anak datang di depan balai
banjar. Kemudian menyambut anak dengan salam serta menyemprotkan hand sanitizer dan
membagikan masker kepada anak.
Kegiatan pendampingan belajar sesi 1 berlangsung selama 1 jam mulai dari pukul
15.00 WITA s/d 16.00 WITA dimulai dari kelompok Mekar, kelompok
Mekar terdiri dari anak dengan kemampuan membaca sedang. Kegiatan
pendampingan diawali dengan memberi salam dan doa kemudian
membagikan LKPD (Lembar kerja peserta didik), kepada
anak. Tahap pertama, saya mengucapkan kata tertutup yang ada di LKPD satu
persatu kemudian diikuti oleh anak, kemudian kami mengulangi beberapa kali
hingga anak-anak paham dan hafal dan kemudian meminta anak untuk membaca secara
bergilir. 30 menit telah berlalu, supaya tidak bosan kami melaksanakan ice
breaking, yaitu menyanyikan meong-meong dan dilanjutkan bersama-sama melakukan
tepuk semangat. Setelah anak-anak terfokuskan kembali, kami melanjutkan dengan game
tebak kata, yaitu anak-anak harus menebak kata yang saya tunjuk di depan secara
acak.
Kegiatan pendampingan belajar sesi 2 selama 1 jam mulai dari pukul 16.00 WITA s/d
17.00 WITA dimulai dari kelompok Kuncup, Kelompok Kuncup terdiri
dari anak dengan kemampuan membaca rendah. Kegiatan
pendampingan diawali dengan memberi salam dan doa kemudian
membagikan LKPD (Lembar kerja peserta didik), kepada
anak. Tahap pertama, saya mengucapkan kata terbuka yang ada di LKPD satu
persatu kemudian diikuti oleh anak, kemudian kami mengulangi beberapa kali
hingga anak-anak paham dan hafal dan kemudian meminta anak untuk membaca secara
bergilir. 30 menit telah berlalu, supaya tidak bosan kami melaksanakan ice
breaking, yaitu menyanyikan balonku dan dilanjutkan bersama-sama melakukan
tepuk semangat. Setelah anak-anak terfokuskan kembali, kami melanjutkan dengan game
tebak kata, yaitu anak-anak harus menebak kata yang saya tunjuk di depan secara
acak.
Kegiatan pendampingan hari ini kami tutup dengan doa dan mengingatkan
anak-anak untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Saya mendampingi anak-anak
sampai orang tua menjemput mereka serta mengantarkan anak kerumahnya bagi anak
yang tidak bisa dijemput oleh orang tuanya.