Melaksanakan Pendampingan Kepada Masyarakat Sasaran Mengenai Branding. Bagian 1.
- Oleh Komang Laksmi Arisusanti
- Thursday 23/07/2020
- Kelompok 121, Kelompok, Kelompok
Kamis, 23 Juli
2020
Telah
dilaksanakan kegiatan pendampingan kepada masyarakat mengenai Product Branding
melalui Grup WhatsApp yang diikuti oleh seluruh masyarakat sasaran (lima orang).
Pendampingan ini dimulai dari 4 elemen dalam product branding yaitu:
1. Nama
Merk/Usaha
2. Positioning
Statement (Deskripsi pendukung produk yang dijual)
3. Persuasif/Mengajak
4. Visual Styles (Tampilan
Kemasan Produk atau Tampilan Produk yang diposting)
Kegiatan
pendampingan ini berfokus pada memberikan bimbingan dan solusi atas
kendala-kendala yang dihadapi oleh masyarakat sasaran dalam melaksanakan
product branding. Masyarakat sasaran menyampaikan kendala berupa pembuatan nama
merk yang masih belum terpikirkan dan juga deskripsi pendukung yang dimaksud
dalam positioning statement. Dari
pertanyaan tersebut, dilanjutkan dengan memberikan jawaban yaitu dalam membuat merk
usaha harus simpel, mudah diingat dan menarik, serta memberikan contoh dari merk
usaha yang menarik dan juga filosofis yang bisa dipakai sebagai bahan referensi
dalam pembuatan nama merk. Untuk deskripsi pendukung yang dimaksud adalah kalimat
atau pernyataan yang mendeskripsikan bagaimana produk tersebut dan pada kalimat
tersebut juga menunjukkan keunggulan atau pembeda dari produk sejenis yang
dijual oleh pesaing. Dan menyertakan contoh yang dapat dijadikan sebagai bahan
referensi oleh masyarakat sasaran.