Melaksanakan Pendampingan Kepada Masyarakat Sasaran Mengenai Branding. Bagian 2

Jumat, 24 Juli 2020

    Telah dilaksanakan kegiatan pendampingan kepada masyarakat mengenai Product Branding melalui Grup WhatsApp yang diikuti oleh seluruh masyarakat sasaran (lima orang). Pendampingan ini membahas 4 (empat) elemen lanjutan dalam Product Branding yaitu:

1. Logo Usaha

2. Slogan atau Tagline

3. Media Sosial Yang Digunakan

4. Pelayanan Kepada Pelanggan

    Kegiatan pendampingan ini berfokus pada memberikan bimbingan dan solusi atas kendala-kendala yang dihadapi oleh masyarakat sasaran dalam melaksanakan product branding. Tujuan dari pelaksanaan pendampingan ini adalah agar bisa membantu masyarakat yang kurang mengerti atau menemukan kesulitan dalam memulai dan juga melaksanakan kegiatan. Output atau hasil yang diharapkan dari pelatihan dan pendampingan ini adalah agar masyarakat bisa  terbantu dan tidak lagi kebingungan dengan kendala/masalah – masalah yang dihadapi, sehingga masyarakat bisa melakukan kegiatan berbinis online lebih serius dan optimal.

     Terdapat beberapa kendala yaitu masyarakat sasaran yang kesulitan dalam membuat logo usaha, dan menanggapi respon pembeli yang membatakan pemesanan, serta pembeli yang meminta bonus. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dipaparkan jawaban bahwa pembuatan logo usaha memang harus memikirkan konsep seni dan juga kemampuan dalam editing. Oleh karena itu, masyarakat sasaran dapat membuat logo usaha yang mudah dengan menonton video tutorial yang diberikan pada pelatihan sebelumnya, dan memberikan tujuan pembuatan logo serta memberikan contoh logo yang telah dibuat kepada masyarakat sasaran. Untuk kendala pembeli yang membatalkan pesanan, solusi yaitu dapat menghubungi pembeli dengan menyakan alasan pembatalan dan juga dapat menerapkan kesepakatan transaksi sebelum pemesanan. Untuk kendala yang terakhir, terkait pembeli yang meminta bonus saat pembelian. Kendala ini dapat  menjadi peluang usaha yaitu dengan meminta feedback dari pembeli yang meminta bonus. Feedback ini bisa dengan memberikan minimun pembelian kepada pembeli agar pembeli bisa mendapatkan bonus tersebut. Atau dengan meminta feedback berupa promosi yang dilakukan oleh pembeli di media sosial mereka.. Hal ini juga menyangkut strategi dalam berbisnis, dengan tidak menjadikan hambatan sebagai peluang dalam berbisnis.

    Setelah menganggapi semua kendala yang dihadapi oleh masyarakat sasaran, masyarakat sasaran sudah mulai paham dan mengerti mengenai semua elemen product bisnis yang dibahas.

Tentang Penulis