Melaksanakan Pendampingan Kepada Masyarakat Sasaran Mengenai Branding. Bagian 2
- Oleh Komang Laksmi Arisusanti
- Friday 24/07/2020
- Kelompok 121, Kelompok, Kelompok
Jumat, 24 Juli 2020
Telah dilaksanakan kegiatan pendampingan kepada masyarakat mengenai Product Branding melalui Grup WhatsApp yang diikuti oleh seluruh masyarakat sasaran (lima orang). Pendampingan ini membahas 4 (empat) elemen lanjutan dalam Product Branding yaitu:
1. Logo Usaha
2. Slogan atau Tagline
3. Media Sosial Yang Digunakan
4. Pelayanan Kepada Pelanggan
Kegiatan pendampingan ini
berfokus pada memberikan bimbingan dan solusi atas kendala-kendala yang
dihadapi oleh masyarakat sasaran dalam melaksanakan product branding. Tujuan
dari pelaksanaan pendampingan ini adalah agar bisa membantu masyarakat yang
kurang mengerti atau menemukan kesulitan dalam memulai dan juga melaksanakan
kegiatan. Output atau hasil yang diharapkan dari pelatihan dan pendampingan ini
adalah agar masyarakat bisa terbantu dan
tidak lagi kebingungan dengan kendala/masalah – masalah yang dihadapi, sehingga
masyarakat bisa melakukan kegiatan berbinis online lebih serius dan optimal.
Terdapat beberapa kendala yaitu
masyarakat sasaran yang kesulitan dalam membuat logo usaha, dan menanggapi
respon pembeli yang membatakan pemesanan, serta pembeli yang meminta bonus.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dipaparkan jawaban bahwa pembuatan logo
usaha memang harus memikirkan konsep seni dan juga kemampuan dalam editing.
Oleh karena itu, masyarakat sasaran dapat membuat logo usaha yang mudah dengan
menonton video tutorial yang diberikan pada pelatihan sebelumnya, dan
memberikan tujuan pembuatan logo serta memberikan contoh logo yang telah dibuat
kepada masyarakat sasaran. Untuk kendala pembeli yang membatalkan pesanan,
solusi yaitu dapat menghubungi pembeli dengan menyakan alasan pembatalan dan
juga dapat menerapkan kesepakatan transaksi sebelum pemesanan. Untuk kendala
yang terakhir, terkait pembeli yang meminta bonus saat pembelian. Kendala ini
dapat menjadi peluang usaha yaitu dengan
meminta feedback dari pembeli yang meminta bonus. Feedback ini bisa dengan
memberikan minimun pembelian kepada pembeli agar pembeli bisa mendapatkan bonus
tersebut. Atau dengan meminta feedback berupa promosi yang dilakukan oleh
pembeli di media sosial mereka.. Hal ini juga menyangkut strategi dalam
berbisnis, dengan tidak menjadikan hambatan sebagai peluang dalam berbisnis.
Setelah menganggapi semua kendala
yang dihadapi oleh masyarakat sasaran, masyarakat sasaran sudah mulai paham dan
mengerti mengenai semua elemen product bisnis yang dibahas.