Melaksanakan Sosialisasi ke masyarakat (minggu 1))

Program kerja yang saya laksanakan di hari pertama di minggu pertama ini, yaitu melaksanakan kegiatan sosialisasi ke masyarakat. Sosialisasi tersebut membahas sekilas tentang virus corona atau bisa disebut dengan virus covid-19. Di dalam sosialisasi tersebut, saya mendatangi masyarakat tersebut ke rumah masing-masing masyarakat. Karena di tempat saya KKN, masyarakat tidak begitu banyak yang memiliki gadget atau HP. Selain itu, sinyal di tempat KKN ini kurang mendukung untuk melaksanakan sosialisasi secara online. Di dalam sosialisasi tersebut, saya akan menyampaikan secara singkat di dalam blog saya ini. 
  • 1. What  (apa).
Pada pertanyaan what (apa), yang saya bicarakan dalam sosialisasi tersebut yaitu apa itu virus corona atau covid-19? Virus corona merupakan virus yang menyerang tubuh kita melalui saluran pernapasan. Virus corona ditandai dengan gejala awal yaitu, flu,batuk, bersin-bersin, dan lain sebagainya. Maka dari itu, jika mengalami gejala-gejala tersebut maka secepatnya periksakan diri ke dokter agar tidak terjadi yang lebih parah lagi.
  • 2. Why (Mengapa)
Mengapa mengambil topik pembicaraan tentang virus corona atau covid-19?
Karena di masa pandemi covid-19 ini, masyarakat kurang memahami apa dan bagaimana cara mencegah virus tersebut. Selain itu, masyarakat di masa pandemi covid-19 ini, beberapa masyarakat masih saja tidak mengikuti protokol kesehatan yang ada. Seperti salah satunya, keluar rumah tidak menggunakan masker. Maka dari itu, saya mengambil topik tentang virus corona dan pentingnya menjaga kesehatan di masa pandemi covid-19 ini. 
  • 3. Where (Dimana)
Dimana saya mengambil lokasi melaksanakan KMbd ini?
Saya melaksanakan KMbd tahun ini pada masyarakat yang ada di desa Bungkulan, Kecamatan Sawan, kabupaten Buleleng. Saya mendatangi masyarakat tersebut ke rumah masing-masing karena di lokasi tersebut sinyal kurang mendukung untuk melaksanakan sosialisasi secara online.
  • 4. Who (Siapa)
Siapa yang terlibat dalam kegiatan sosialisasi tersebut?
Dalam kegiatan sosialisasi yang saya laksanakan, saya melibatkan beberapa masyarakat untuk mengikuti kegiatan sosialisasi yang saya laksanakan. 
  • 5. When (Kapan)
Kapan melaksanakan kegiatan sosialisasi tersebut?
Saya melaksanakan kegiatan sosialisasi tersebut selama 2 minggu. Kegiatan tersebut dalam 1 minggu dilaksanakan selama 2 kali. Mengapa cuma 2 kali dalam 1 minggu? Agar masyarakat tidak bosan secara terus menerus mengadakan sosialisasi tersebut. biarpun seandainya topiknya dibedakan, tetapi masyaraktat juga ajab tetap merasa bosan. Minggu pertama dilaksanakan pada tanggal 6 dan 9 Juli 2020. Dan minggu ketiga dilaksanakan pada tanggal 20 dan 25 Juli 2020.
  • 6. How (Bagaimana)
Bagaimana cara mencegah penyebaran virus corona tersebut?
Cara mencegah agar terhindar dari virus ini yaitu: yang utama yaitu, menggunakan masker ketika kita keluar rumah, jaga jarak minimal 1 meter, mencuci tangan sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan, bila perlu melaksanakan kegiatan olahraga kecil di rumah. 
Tentang Penulis