Melaksanakan sosialisasi terkait dengan pelatihan bisnis online secara daring melalui Grup WhatsApp dengan masyarakat sasaranan

Kamis, 08 Juli 2021, Kegiatan KKNbD yang dilaksanakan oleh penulis yaitu melaksanakan sosialisasi terkait dengan pelatihan bisnis online dengan didampingi oleh narasumber salah satu owner online shop yang dilaksanakan secara daring melalui Grup WhatsApp. Dengan memanfaatkan fitur voice note dalam melaksanakan sosialiasi untuk masyarakat sasaran. Alasan sosialisasi dilakukan di Grup WhatsApp, karena beberapa pedagang memiliki kesibukan dan kurang bisa menggunakan video conference sehingga cukup sulit jika dilakukan melalui video conference, yang dapat mengakibatkan tertinggalnya informasi. Maka dari itu, lebih efektif dan efesien jika sosialisasi dilakukan melalui Grup WhatsApp agar seluruh masyarakat sasaran dapat mendengarkan kembali hasil sosialisasi dari narasumber.

Dalam kegiatan sosialisasi, narasumber membagi pengalamannya selama menjalankan bisnis onlinenya serta di akhiri dengan memberikan tips dan trik dalam menjalankan bisnis online. Dalam sosialisasi ini, hanya dua masyarakat sasaran yang memberikan tanggapan. Dan sisanya mengatakan bahwa sosialisasi yang diberikan sudah cukup untuk mereka sehingga tidak ada pertanyaan. Kendala yang terjadi yaitu pada salah satu masyarakat sasaran yang memiliki kesibukan sehingga telat dalam mengikuti kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan. Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini, masyarakat sasaran dapat mempersiapkan diri dalam memulai berbisnis online dan mampu memanfaatkan media sosial sebagai sarana memulai bisnis online untuk kedepannya.

Link mengakses rekaman sosialisasi :

https://youtu.be/qTSZ8oEcmm4

Tentang Penulis
Dewa Ayu Sukma Trintya Dewi