Melakukan evaluasi atas pelaksanaan program kerja

Kegiatan evaluasi dilakukan sebanyak dua kali, yakni pada awal dan akhir kegiatan. Evaluasi awal dilaksnakan pada 16 Juli 2021 dan evaluasi akhir pada 30 Juli 2021. Evaluasi program pada pelatihan merupakan hal yang penting sebagai tolak ukur keberhasilan kegiatan dan dengan adanya evaluasi dapat diketahui umpan balik yang dapat digunakan sebagai informai untuk pengambilan keputusan pada program berikutnya.

 Evaluasi awal dilaksanakan pada Jumat, 16 Juli 2021 dengan memberikan kuisioner atau angket berupa Google Form kepada masyarakat sasaran yang berisi beberapa pertanyaan tentang penjualan yang diperoleh dan bisnis online itu sendiri. Dari hasil evaluasi awal, dapatnya diketahui bahwa masyarakat sasaran mengalami penurunan pendapatan dan belum pernah memanfaatkan media sosial secara penuh untuk berbisnis online.

Link kuisioner atau angket evaluasi awal :  

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSda7zYxpvnmh1zp6De62PxiSp2Pm-Cv1fZGL-RuAXylB5ES0g/viewform?usp=sf_link

Hasil evaluasi awal :

https://drive.google.com/folderview?id=1whD-f5C7kiu-sLhhPPfbTfIw0IkLcSDx

Evaluasi akhir dilaksanakan pada Jumat, 30 Juli 2021 atau setelah kegiatan pelatihan, pendampingan, dan penerapan selesai dilaksanakan. Dari hasil evaluasi akhir, bahwa adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat sasaran dalam memanfaatkan media sosial facebook sebagai sarana memulai bisnis online. Dan dapat disimpulkan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan sudah sejalan dengan program pengabdian yaitu adanya peningkatan yang dialami oleh masyarakat sasaran baik itu dalam pendapatan, banyaknya produk yang dijual dan memperoleh konsumen baru dari dilaksanakannya bisnis online ini. Pada evaluasi akhir ini juga terdapat pesan dan kesan yang dirasakan oleh masyarakat sasaran.  

Link kuisioner atau angket evaluasi akhir :

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdTsIQjjzDuCVQUHwlWxGlig-xAa3fmmxSIvJyTZKEno1TDyg/viewform?usp=sf_link

Hasil evaluasi akhir :

https://drive.google.com/folderview?id=1vhUhzM6o4W8dk0sDy8PaBy-KnBIjzW0B


Tentang Penulis
Dewa Ayu Sukma Trintya Dewi