Melakukan Evaluasi Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Daring Bagi Siswa SD di Desa Kampial
- Oleh Isra Aisya Haq
- Monday 02/08/2021
- Kelompok 200, Kelompok, Kelompok
Dalam
melaksanakan kegiatan, dibutuhkan sebuah program kerja guna mencapai
target/tujuan dalam kegiatan tersebut. Namun, nyatanya masih banyak program
kerja yang belum mencapai target/tujuan, sehingga kegiatan yang dijalankan
tersebut belum bisa dikatan berhasil/sukses. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya
dalam mengukur tingkat keberhasilan dari program kerja yang dijalankan. Dimana,
keberhasilan program kerja tersebut, dapat kita ukur dengan cara melakukan
evaluasi. Evaluasi menjadi suatu hal yang penting guna memberikan penilaian
yang tepat sesuai dengan pemahaman masing-masing siswa. Hal tersebut, dapat
kita lakukan dengan berbagai cara, baik secara lisan maupun tulisan sesuai
dengan situasi dan kondisi di lapangan.
Berkaitan dengan kata “evaluasi”, hal tersebut menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan dari program kerja yang dijalankan, salam satunya dalam kegiatan KKNbD di Desa Kampial. Dimana, di akhir kegiatan KKNbD tersebut, diadakan evaluasi terkait program kerja yang telah dijalankan sebelumnya. Evaluasi tersebut, telah berhasil dilaksanakan pada 25 Juli 2021 dengan alokasi waktu selama 3 jam. Hal tersebut, dilaksanakan secara offline, dengan cara mengunjungi secara langsung salah satu rumah milik masyarakat sasaran untuk dijadikan lokasi berkumpulnya para siswa, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sehingga, evaluasi tersebut tetap bisa berjalan dengan lancar walaupun hanya dalam satu lokasi saja. Dimana, evaluasi tersebut disajikan dalam bentuk tes lisan terkait penggunaan media pembelajaran daring, seperti Google Meet dan Google Classroom. Dalam hal ini, masing-masing siswa akan mepraktikan secara langsung, bagaimana cara menggunakan media pembelajaran daring, seperti Google Meet dan Google Clasroom. Dimana, hal tersebut dilaksanakan secara bergiliran oleh masing-masing siswa. Kegiatan tersebut, dilakukan guna mengetahui sejauh mana pemahaman siswa setelah diberikan edukasi, baik secara online maupun offline terkait penggunaan media pembelajaran daring, seperti Google Meet dan Google Classroom. Dimana, berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan, masing-masing siswa sangat atusias dan cepat dalam memahami penggunaan media pembelajaran daring tersebut, khusunya dalam penggunaan Google Meet dan Google Classroom. Selain itu, hal tersebut juga dilakukan guna mengukur tingkat keberhasilan program kerja yang telah dijalankan selama pelaksanaan KKNbD tersebut.