Melakukan Konseling Kepada Masyarakat sasaran

Pada minggu ketiga tanggal 15 juli 2021 saya melakukan konseling terkait keluhan kesah masyarakat sadaran di masa pandemi ini. Kegiatan konseling ini saya lakukan dengan menelfon masyarakat sasaran dan beberapanya bertemu langsung dengan saya. Adapun hal-hal yang saya tanyakan adalah seputaran apa-apa saja yang mengganggu masyarakat sasaran, kegiatan yang dilakukan masyarakat sasaran selama pandemi, keluh kesah masyarakat sasaran, harapan atau keinginan masyarakat sasaran. Alasan saya menanyakan hal-hal tersebut adalah untuk membaca sebenarnya situasi seperti apa yang diharapkan masyarakat sasaran dan membandingkan dengan realita yang sedang terjadi saat ini. Dan respon yang diberikan masyarakat sasaran cukup bervariasi dari 7 orang masyarakat sasaran lima orang diantaranya mengeluh tentang keuangan dan masalah ekonomi yang menurun dan dua orang lainnya mengeluh karna tekanan dan bosan di rumah saja dengan kegiatan yang sama diulang berhari hari. Maka solusi saya untuk masalah perekonomian yang menurun adalah dengan menetapkan skala prioritas untuk keperluan yang paling mendesak yang diutamakan dan mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang dirasa tidak penting, dan memberi masukan untuk memprosikan usaha masyarakat sasaran melalui media online agar  memperluas daya tarik konsumen. Dan solusi untuk mengatasi rasa bosan adalah dengan melakukan aktifitas baru yng bisa dilakukan di rumah misalnya seperti berkebun, bermain bulu tangkis bersama keluarga, mendekorasi ulang rumah untuk memberikan suasana baru, atau menemukan hobby baru seperti menonton drama korea, membaca majalah atau novel atau membuat kerajinan tangan.

Tentang Penulis