Melakukan Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Aplikasi Animaker serta Cara Pembuatan Video Pembelajaran Beranimasi secara menyeluruh

Pada tahap berikutnya pada tanggal 14 sampai tanggal 16 Juli 2021, Kegiatan yang dilakukan adalah sebelum meminta para guru untuk mempraktekkan cara menggunakan aplikasi animaker yang sudah diajarkan sebelumnya, saya membagikan lampiran panduan tutorial penggunaan aplikasi animaker kepada para guru. Kegiatan ini masih dilakukan secara langsung (luring) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Tujuan membuat dan memberikan lembar panduan kepada para guru untuk mempermudah dalam memberikan pelatihan tata cara atau tutorial penggunaan aplikasi dan cara pembuatan video pembelajaran animasi. Selain itu juga lembar panduan ini dibuat untuk bisa dibawa masing-masing guru nantinya sebagai cadangan pengingat perumpamaan jika guru ingin mencoba tapi lupa bagaimana cara penggunaan aplikasi Animaker tersebut, jadi guru bisa melihat kembali buku panduan yang sudah saya berikan. 

Adapun tahap selanjutnya, menjelaskan serta mempraktekkan  bagaimana tata cara atau tutorial penggunaan aplikasi animaker dan  pembuatan video pembelajaran animasi. Jadi hari ini saya meminta kembali guru-guru untuk langsung membuka aplikasi animaker. Kemudian mengarahkan guru untuk mengklik menu “create”, akan muncul “all tamplates”, dimana guru diarahkan untuk memilih atau memakai templates yang sudah tersedia pada aplikasi animaker, lalu klik “use”akan muncul fitur. Fitur yang tersedia saat akan memulai membuat video animasi, banyak sekali yang bisa digunakan. Guru bebas memilih karakter yang inginkan, menambahkan efek, latar belakang, menambah teks, mengatur gerak, menambah audio, dan lain-lain. Disini saya langsung menjelaskan fungsi dan kegunaan dari masing-masing fitur tersebut. Setelah itu dilanjutkan dengan menjelaskan cara kita bisa melihat hasil keseluruhan dengan klik lambang "Play"seperti pada lingkaran merah. dan disampingnya adalah untuk melihat hasil Per Scene/ per Slide. jika dirasa sudah pas, tinggal di simpan video dengan mengklik "Publish" kemudian pilih "Download Video". Akan muncul pengaturan disana ada Nama Video, jenis video, Ukuran video baik HD, Full HD atau Utra HD, hanya saja itu untuk versi berbayar. Kalau hanya menggunakan gratisan cukup beri nama kemudian klik download. Kegiatan tersebut dilakukan secara bertahap dibarengi  dengan pendampingan, lembar panduan, penayangan power point dengan menggunakan LCD/ proyektor.

Dalam kegiatan pelatihan dan pendampingan secara menyeluruh ini, terlihat guru-guru sangat antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan, dimana dalam pelatihan ini terdapat interaksi antara saya dengan guru yang kurang memahami penjelasan yang saya berikan, sehingga saya akan memabntu menjelaskan kembali sampai guru – guru benar memaham cara penggunaan aplikasi animaker dan pembuatan video pembelajaran animasi. Selain itu , guru-guru juga saling membantu satu sama lain mengenai cara penggunaan aplikasi animaker. Tujuan di lakukan pelatihan lanjutan tersebut adalah agar guru-guru memahami dengan baik cara menggunakan dan pembuatan video animasi secara menyeluruh yang nantinya akan digunakan dalam proses pembelajaran.

Tentang Penulis