Melakukan Pendampingan Lanjutan dalam Mempraktekkan Cara Penggunaan Aplikasi Quizizz


Pada hari Rabu, 21 Juli 2021 adalah minggu ke-3 kegiatan KKNbD 2021. Penulis melakukan kegiatan pendampingan lanjutan dalam memberikan pelatihan tata cara atau tutorial penggunaan aplikasi Quizizz. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada SD No. 1 Kerobokan dengan masyarakat sasaran (para guru), yang dimana penulis melakukan kegiatan tersebut secara langsung (luring) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dalam melakukan pendampingan lanjutan dengan pelatihan cara penggunaan aplikasi Quizizz, penulis menjelaskan serta mempraktekkan bagaimana tata cara atau tutorial penggunaan aplikasi Quizizz dengan menggunakan media LCD/Proyektor dan laptop.

Pada pertemuan sebelumnya, penulis sudah menjelaskan dan mempraktekkan cara membuat akun dan membuat kuis dalam aplikasi Quizizz ini. Jadi, pada hari ini penulis memberikan pelatihan lanjutan mengenai tata cara atau tutorial penggunaan aplikasi Quizizz ini, yaitu penulis melanjutkan menjelaskan dan mempraktekkan cara menugaskan kuis kepada siswa, cara siswa mengerjakan kuis, dan cara melihat dan mendownload analisis tugas (penilaian). Pada cara menugaskan kuis kepada siswa, penulis mengarahkan para guru untuk mengklik menu “Kuisku”, yang dimana para guru diarahkan untuk memilih kuis yang sudah dibuat pada pertemuan sebelumnya yang nantinya akan diberikan atau ditugaskan kepada siswa. Selanjutnya, para guru dapat memilih dua cara yaitu “mulai kuis langsung” atau “berikan pekerjaan rumah”. Pada cara “mulai kuis langsung” para guru dapat mengetahui langsung bagaimana proses siswa mengerjakan kuis dan guru juga dapat melihat pergerakan skor siswa secara langsung. Sedangkan, pada cara “berikan pekerjaan rumah” para guru dapat memberikan waktu pengerjaan, misalnya 1 minggu dengan waktu yang ditetapkan oleh guru. Jika para guru sudah memilih salah satu cara tersebut, selanjutkan akan muncul link dan kode untuk siswa bergabung dalam kuis tersebut, sehingga siswa dapat mengerjakan kuis yang diberikan oleh gurunya. Para guru diarahkan untuk menyalin (copy) link dan kode, lalu link dan kode yang sudah disalin (copy) dapat dibagikan pada WhatsApp Group kelas yang bersangkutan. Selanjutnya, cara siswa mengerjakan kuis yaitu siswa dapat mengklik link yang sudah dibagikan oleh gurunya, lalu memasukkan kode yang sudah diberikan. Jika guru sudah memulai kuis, maka secara otomatis siswa sudah bisa mengerjakan kuis tersebut. Setelah semua siswa mengerjakan kuis tersebut, maka akan muncul analisis penilaian yang diperolah oleh siswa. Selanjutnya, guru dapat melihat dan mendownload analisis penilaian tersebut pada pojok kanan atas, yang nantinya akan berupa file Microsoft Excel. Dalam pelatihan lanjutan ini, penulis juga menjelaskan dan mempraktekkan cara membuat kelompok belajar (rombel belajar) yang nantinya akan mempermudah para guru untuk memberikan kuis tersebut kepada setiap kelas.

Dalam kegiatan pelatihan lanjutan ini, terlihat para guru sangat antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan, dimana dalam pelatihan lanjutan ini terdapat interaksi antara penulis dengan para guru yang kurang memahami penjelasan yang diberikan oleh penulis, sehingga penulis akan membantu menjelaskan kembali sampai para guru benar-benar memahami cara penggunaan aplikasi Quizizz ini. Di samping itu, terdapat beberapa guru terlihat mudah dan cepat menangkap serta memahami penjelasan mengenai cara penggunaan aplikasi Quizizz tersebut, karena sebelumnya penulis sudah membagikan materi tertulis serta tutorial penggunaan aplikasi Quizizz dengan jelas dan lengkap. Selain itu, para guru juga saling membantu satu sama lain mengenai cara penggunaan aplikasi Quizizz ini. Jadi, disini juga terlihat interaksi antara sesama guru dan keaktifan para guru dalam berdiskusi mengenai cara penggunaan aplikasi Quizizz ini. Sehingga, penulis tidak mengalami banyak kesulitan dalam melakukan pelatihan lanjutan ini, serta para guru juga mendapatkan pengetahuan baru mengenai aplikasi pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran daring. Tujuan dilakukan pelatihan lanjutan tersebut adalah agar para guru memahami cara penggunaan aplikasi Quizizz secara menyeluruh yang nantinya akan digunakan dalam menunjang proses pembelajaran daring. Sehingga, dengan penggunaan aplikasi Quizizz ini para guru dapat mengembangkan media pembelajaran baru yang lebih bervariasi.


Tentang Penulis