Melakukan Pendampingan Lanjutan dalam Mempraktekkan Cara Penggunaan Aplikasi Quizizz
- Oleh I Gusti Agung Ayu Kirana Dewi
- Thursday 22/07/2021
- Kelompok 122, Kelompok, Kelompok
Pada hari Rabu, 21 Juli 2021 adalah minggu ke-3 kegiatan
KKNbD 2021. Penulis melakukan kegiatan pendampingan lanjutan dalam memberikan
pelatihan tata cara atau tutorial penggunaan aplikasi Quizizz. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada SD No. 1 Kerobokan
dengan masyarakat sasaran (para guru), yang dimana penulis melakukan kegiatan
tersebut secara langsung (luring) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.
Dalam melakukan pendampingan lanjutan dengan pelatihan cara penggunaan aplikasi
Quizizz, penulis menjelaskan serta
mempraktekkan bagaimana tata cara atau tutorial penggunaan aplikasi Quizizz dengan menggunakan media LCD/Proyektor dan laptop.
Pada pertemuan sebelumnya, penulis sudah menjelaskan dan
mempraktekkan cara membuat akun dan membuat kuis dalam aplikasi Quizizz ini. Jadi, pada hari ini penulis
memberikan pelatihan lanjutan mengenai tata cara atau tutorial penggunaan
aplikasi Quizizz ini, yaitu penulis melanjutkan
menjelaskan dan mempraktekkan cara menugaskan kuis kepada siswa, cara siswa
mengerjakan kuis, dan cara melihat dan mendownload analisis tugas (penilaian). Pada
cara menugaskan kuis kepada siswa, penulis mengarahkan para guru untuk mengklik
menu “Kuisku”, yang dimana para guru diarahkan untuk memilih kuis yang sudah
dibuat pada pertemuan sebelumnya yang nantinya akan diberikan atau ditugaskan
kepada siswa. Selanjutnya, para guru dapat memilih dua cara yaitu “mulai kuis
langsung” atau “berikan pekerjaan rumah”. Pada cara “mulai kuis langsung” para
guru dapat mengetahui langsung bagaimana proses siswa mengerjakan kuis dan guru
juga dapat melihat pergerakan skor siswa secara langsung. Sedangkan, pada cara
“berikan pekerjaan rumah” para guru dapat memberikan waktu pengerjaan, misalnya
1 minggu dengan waktu yang ditetapkan oleh guru. Jika para guru sudah memilih
salah satu cara tersebut, selanjutkan akan muncul link dan kode untuk siswa
bergabung dalam kuis tersebut, sehingga siswa dapat mengerjakan kuis yang
diberikan oleh gurunya. Para guru diarahkan untuk menyalin (copy) link dan kode, lalu link dan kode
yang sudah disalin (copy) dapat
dibagikan pada WhatsApp Group kelas yang bersangkutan. Selanjutnya, cara siswa
mengerjakan kuis yaitu siswa dapat mengklik link yang sudah dibagikan oleh
gurunya, lalu memasukkan kode yang sudah diberikan. Jika guru sudah memulai
kuis, maka secara otomatis siswa sudah bisa mengerjakan kuis tersebut. Setelah
semua siswa mengerjakan kuis tersebut, maka akan muncul analisis penilaian yang
diperolah oleh siswa. Selanjutnya, guru dapat melihat dan mendownload analisis penilaian
tersebut pada pojok kanan atas, yang nantinya akan berupa file Microsoft Excel. Dalam pelatihan
lanjutan ini, penulis juga menjelaskan dan mempraktekkan cara membuat kelompok
belajar (rombel belajar) yang nantinya akan mempermudah para guru untuk
memberikan kuis tersebut kepada setiap kelas.
Dalam kegiatan pelatihan lanjutan ini, terlihat para guru sangat antusias
dan bersemangat mengikuti pelatihan, dimana dalam pelatihan lanjutan ini
terdapat interaksi antara penulis dengan para guru yang kurang memahami
penjelasan yang diberikan oleh penulis, sehingga penulis akan membantu
menjelaskan kembali sampai para guru benar-benar memahami cara penggunaan
aplikasi Quizizz ini. Di samping itu,
terdapat beberapa guru terlihat mudah dan cepat menangkap serta memahami
penjelasan mengenai cara penggunaan aplikasi Quizizz tersebut, karena sebelumnya penulis sudah membagikan materi
tertulis serta tutorial penggunaan aplikasi Quizizz
dengan jelas dan lengkap. Selain itu, para guru juga saling membantu satu sama
lain mengenai cara penggunaan aplikasi Quizizz
ini. Jadi, disini juga terlihat interaksi antara sesama guru dan keaktifan para
guru dalam berdiskusi mengenai cara penggunaan aplikasi Quizizz ini. Sehingga, penulis tidak mengalami banyak kesulitan
dalam melakukan pelatihan lanjutan ini, serta para guru juga mendapatkan
pengetahuan baru mengenai aplikasi pembelajaran yang dapat menunjang proses
pembelajaran daring. Tujuan dilakukan
pelatihan lanjutan tersebut adalah agar para guru memahami cara penggunaan
aplikasi Quizizz secara menyeluruh yang
nantinya akan digunakan dalam menunjang proses pembelajaran daring. Sehingga, dengan
penggunaan aplikasi Quizizz ini para guru dapat mengembangkan media pembelajaran baru yang
lebih bervariasi.