Melakukan Ulangan Harian Kepada Peserta Didik

Melakukan Ulangan Harian Kepada Peserta Didik

    Pada hari Jumat, tanggal 31 Juli 2020 saya melakukan kegiiatan yang sudah saya rancang pada pertemuan sebelumnya yaitu mengadakan ulangan harian kepada peserta didik. Materi pun terdiri dari simple present, past tense, present continuous dan teks descriptive. Soal yang saya buat sudah saya buat berdasakan materi yang sudah saya ajarkan selama ini. Soal saya buat mulai hari Rabu lalu.

    Alokasi waktu pelaksanaannya adalah 1 jam, dimulai dari jam 1 hingga jam 2 siang. Jumlah soal yang saya berikan adalah 20 soal yang terdiri dari 10 soal objektif atau abc, 5 soal isian dan 5 soal essay yang aman setiap soal memiliki nilai 1 point jika menjawab dengan benar dan tepat.

    Sebelum melaksanakan kegiatan ulangan ini saya sebelumnya juga mengajak peserta didik mencuci tangan terlebih dahulu agar terhindar dari virus dan bakteri dan merapikan tempat kegiatan yang akan digunakan sebagai ruangan ulangan bagi peserta didik. Dengan waktu yang sudah saya tentukan peserta didik mengerjakan semua soal dengan tepat waktu sesuai dengan waktu yang sudah saya berikan sebelumnya.

    Pada sesi pemeriksaan hasil kerja peserta didik, saya menilai secara ketepatan jawaban dan penulisan, jika jawaban yang peserta tulis benar tetapi penulisan katanya salah atau keliru, maka saya akan memberikan nilai 1/2 (setengah) dari soal tersebut. Alhasi dari kegiatan ulangan ini, peserta didik masih banyak melakukan kesalahan terutama dalam menentukan bentuk Verb 2 atau past participle dari past tense, sehingga membuat jawaban mereka menjadi salah.

    Selain peserta belum paham betul dengan materi past tense, peserta juga sering tidak fokus dalam menjawab soal dan kurang menyaksikan intruksi soal sehingga terjadi kekeliruan terhadap beberapa jawaban. Namun dari materi yang lainnya peserta sudah mampu mengerjakannya dengan baik dan benar, jika dapat dilatih lagi saya yakin peserta dapat memperbaiki setiap kesalahannya.






Tentang Penulis