Membagikan Jadwal Kegiatan Program Kerja Minggu Ke-4 dan Diskusi Mengenai Penyebab Terjadinya Perubahan Strategi Pemasaran dalam Tahap Promosi Produk

Faktor Utama Penyebab Perubahan Strategi Pemasaran Pada Suatu Produk


      Empat program kerja telah terlaksanakan sesuai jadwal yang disusun dalam proposal proyek KMbD tahun 2020, hari ini kegiatan yang saya laksanakan telah memasuki minggu keempat yaitu kegiatan program kerja ke-5 yang membahas tentang promosi produk. Jadi hari ini Selasa, 28 Juli 2020 saya memulai kegiatan dengan membagikan jadwal untuk 2 hari kedepan seperti gambar yang telah saya lampirkan. Selain membagikan jadwal kegiatan saya juga melakukan diskusi dengan masyarakat sasaran melalui media Grup Wa untuk berkomunikasi. Materi yang saya diskusikan hari ini adalah Penyebab Terjadinya Perubahan dalam Strategi Pemasaran Produk, materi diskusi hari ini dalam bentuk video yang terlebih dahulu saya unggah ke Youtube kemudian saya membagikan linknya kepada masyarakat sasaran agar mudah diakses.


       Jadi dalam strategi pemasaran, terdapat tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran ketika sedang berlangsungnya kegiatan pemasaran produk yaitu : (1) Daur hidup produk, strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran. (2) Posisi persaingan perusahaan di pasar, strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar. (3) Situasi ekonomi, strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.



Tentang Penulis
Made Chrisna Apriyani Sujana