Membagikan Tutorial Bagi Masyarakat seputaran Program Kerja KMbD Di Grup WA

Selasa, 7 Juli 2020

Membagikan tutorial/tata cara dalam pelaksanaan kegiatan agar dapat mempermudah masyarakat untuk melakukannya dirumah masing-masing.

Tutorial/tata cara yang dibagikan antara lain :

1. Yoga Asanas


Pada Kesempatan kali ini saya memberikan sedikit cara untuk melakukan yoga asanas dirumah yang baik dan benar. Di masa pandemi menuju new normal ini sangatlah cocok untuk melakukan yoga asanas. Selain hanya mencari keringat, Yoga Asanas juga mampu menghindari dampak psikologis negatif pasca banyaknya mengkonsumsi berita bohong di media sosial yang secara tidak langsung dapat menurunkan imun tubuh masyarakat. Selain yang sudah dijelaskan di atas manfaat dari Yoga Asanas sendiri ialah :

1.     Mengurangi stres


Hampir semua jenis olahraga dapat membantu seseorang mencegah dan mengatasi depresi, begitu juga dengan yoga. Sebagian studi menunjukkan bahwa yoga bisa mengurangi rasa gelisah, stres, serta memperbaiki mood dan kesejahteraan fisik maupun psikis seseorang. Bahkan, manfaat yoga juga dapat dirasakan pada seseorang yang mengalami gangguan cemas, skizofrenia, dan gangguan tidur. Yoga juga dapat membantu meredakan tantrum pada orang dewasa.

2.      Meningkatkan kebugaran


Tidak hanya dapat mengurangi stres, manfaat yoga lainnya untuk tubuh Anda adalah dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar, memperbaiki postur tubuh, serta menambah kekuatan tubuh, jangkauan gerak, dan kelenturan tubuh. Beberapa pose yoga bahkan ada yang dapat membantu menurunkan berat badan.

3.      Membantu mengatasi masalah kesehatan


Jika Anda memiliki risiko penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi atau penyakit jantung, yoga bisa menjadi olahraga yang cocok. Yoga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Meski demikian, kaitan manfaat yoga dengan kesehatan jantung masih harus diteliti lebih lanjut. Yoga juga dipercaya dapat meringankan gejala nyeri, migrain, dan membantu mengatasi insomnia.

4.      Sakit punggung


Bagi Anda yang mengalami sakit punggung, yoga juga bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat. Bahkan, jika Anda mengalami sakit punggung kronis sekalipun. Hal ini karena gerakan peregangan tubuh yang ada pada yoga dapat membantu Anda melenturkan tubuh.

5.      Meringankan efek setelah mabuk


Mungkin tidak terpikirkan sebelumnya oleh Anda untuk melakukan yoga, setelah malamnya minum minuman beralkohol hingga mabuk. Tapi jangan salah, ternyata melakukan yoga dapat membantu meringankan efek pengar (hangover) pada pagi hari. Beberapa gerakan yoga, seperti ‘plow’, atau ‘shoulder stand’ dapat meningkatkan sistem metabolisme dan membantu menjaga keseimbangan tubuh.

6.      Mengurangi masalah asma


Asma yang kambuh dapat sangat mengganggu dan cukup menyiksa. Guna mengatasinya, cobalah untuk melakukan yoga secara rutin. Sebuah studi yang dilakukan pada penderita asma ringan hingga sedang, menunjukkan bahwa beberapa gerakan yoga yang berhubungan dengan pernapasan, seperti Pranayama, dapat membantu meringankan gejala asma. Akan tetapi, manfaat yoga untuk menangani asma dianggap belum signifikan secara klinis, jika dibandingkan efektivitas pengobatan asma konvensional.

7.      Membakar lemak dalam tubuh


Selain beberapa manfaat yoga di atas, manfaat utama yang tentunya dicari banyak orang adalah terbakarnya lemak dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat ini, lakukan yoga jenis ashtanga, power yoga, atau hot yoga, dikombinasikan dengan berjalan kaki, berlari, atau olahraga aerobik lainnya. 

        2. Pemilahan Berita

        

      Pada tutorial diatas yang telah saya buat, disana menjelaskan bahwa memilah berita negatif dan positif/ berita berdasarkan fakta dan memilah berita hoax sangatlah penting. Mengapa demikian ? karena jika kita membaca berita dengan sumber yang belum tentu jelas, kita sama dengan membaca berita yang belum tentu kebenarannya. Jadi disini saya mengajak masyarakat untuk pintar-pintar memilah berita agar tidak terpapar berita hoax secara jangka panjang yang sudah jelas membuat masyarakat itu sendiri menjadi down di masa pandemi covid-19 ini. Manfaat lain dari pemilahan berita ini ialah :

1. Meningkatkan Literasi

2. Meningkatkan imun di masa pandemi 

3. Lebih pintar untuk saring sebelum sharing berita

3. Sharing Berita Positif Di Masa Pandemi Covid-19


Video yang telah saya buat diatas adalah tentang cara membagikan/ sharing berita positif di masa pandemi covid-19 menuju new normal ini. Telah kita ketahui bersama bahwa banyaknya beredar pesan broadcast di grup WA yang kerap membagikan berita kebohongan terkait pandemi ini akan menimbulkan permasalahan bagi tubuh masyarakat banyak dan secara tidak langsung akan berdampak juga pada kondisi psikologis masyarakat, contohnya : masyarakat menjadi mudah Depresi, stres & ketakutan akan pandemi covid-19 ini. Maka dari itu sharing berita positif sangat diperlukan agar dapat mengembalikan percaya diri dari masyarakat untuk melakukan kesehariannya dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.