Membahas Materi Beersama Wali Kelas dan Menyusun Materi Menganalisis
- Oleh Ni Nengah Dwi Yuniasari Cesarianti
- Monday 26/07/2021
- Kelompok 138, Kelompok, Kelompok
Program Meningkatkan Sistem Pembelajaran Di Rumah dengan memberikan Tugas Analisis ini akan dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 2021. Namun sebelum memberikan tugas, hal dasar yang harus dilakukan adalah menyusun Materi dan barulah mulai membuat soal yang akan dikerjakan oleh Siswa/i. Pada tanggal 6 Juli 2021, diskusi bersama Wali Kelas 2 dilakukan melalui WhatsApp pribadi. Diskusi yang dilakukan membahas mengenai Materi apa yang akan dibawakan untuk pelaksanaan KKNbD yang akan dimulai tanggal 12 Juli nanti. Mengapa harus melakukan diskusi bersama wali kelas? Karena pada dasarnya wali kelas yang mengatur bagaimana sistem belajar yang akan dilakukan, materi apa yang akan dibahas, dan soal seperti apa yang cocok untuk siswa.
Setelah selesai melakukan diskusi bersama wali kelas, kemudian hal yang akan dilakukan adalah mencari informasi materi, memilah materi mana yang cocok untuk diangkat, dan menyusun materi agar mudah dipahami. Materi yang akan saya berikan bisa diakses melalui link berikut ini : ( https://www.youtube.com/watch?v=pIj5DWNWxcY ) (https://www.merdeka.com/sumut/manfaat-hidup-rukun-dalam-keluarga-dan-masyarakat-bagi-kehidupan-sehari-hari-kln.html?page=2)
Begitu juga dengan soal yang akan diberikan kepada siswa/i. Hal ini merupakan dasar dari segala pembelajaran awal, mengingat situasi pandemi yang mulai melonjak lagi, wali kelas dan pihak sekolah memberikan informasi bahwa kegiatan belajar-mengajar akan dilakukan secara daring lagi. Hal ini menjadi kendala bagi pelaksanaan KKNbD yang akan saya lakukan. SDN 26 Ampenan adalah salah satu sekolah yang sudah mulai belajar tatap muka, namun karena PPKM akan dilakukan mulai tanggal 12 Juli hingga 20 Juli 2021, maka kegiatan belajar-mengajar akan kembali dilaksanakan dengan sistem belajar dari rumah. Maka dari itu materi yang telah saya susun dirubah kembali agar lebih mudah dibagikan melalui WhatsApp.