Memberikan bimbingan dan melakukan diskusi bersama siswa yang kedua

Pada minggu ketiga sesuai dengan rancangan jadwal yang di dalam proposal yaitu melakukan kegiatan memberikan bimbingan dan melakukan diskusi bersama siswa yang kedua. Pada bimbingan dan diskusi yang kedua ini membahas mengenai materi Larutan Penyangga. Sebelum melakukan bimbingan dan diskusi ini terlebih dahulu membuat materi Larutan Penyangga dalam bentuk PPT. Lama proses pembuatan materi PPT ini kurang lebih dua hari. Pembuatan materi PPT ini menggunakan sumber buku SMA kelas XI semester dua, buku SMA kelas XI pernerbit Erlangga dan buku Metode cling semua materi kimia.

Setelah selesai pembuatan materi PPT tersebut, besoknya memberikan pengumuman kepada siswa sebagai masyarakat sasaran bahwa lusanya akan diadakan bimbingan dan diskusi yang kedua membahas materi larutan penyangga.

Pada proses kegiatan bimbingan dan diskusi bersama siswa yang kedua dihadiri oleh semua siswa sebagai masyarakat sasaran. Bimbingan dan diskusi bersama siswa yang kedua dilakukan secara online, menggunakan aplikasi Google Meet. Pada saat menjelaskan menggunakan PPT beberapa siswa mengajukan pertanya mengenai materi yang ada di slide. Siswa dapat memoertanyakn secara langsung pada saat penjelasan, jadi tidak harus bertanya di belakangan setelah menjelaskan seluruh materi. Durasi proses bimbingan dan diskusi bersama siswa yang kedua berlangsung selama kurang lebih 45 menit. Biasanya setelah memberikan bimbingan dan diskusi bersama siswa, materi PPT yang di jelaskan akan diberika kepada siswa melalui grup whatsapp agar dapat dipelajari kembali sebagai rangkuman.

Tentang Penulis