Memberikan bimbingan dan melakukan diskusi bersama siswa yang pertama

Pada minggu kedua ini sesuai dengan rancangan jadwal yang di dalam proposal yaitu melakukan kegiatan memberikan bimbingan dan melakukan diskusi bersama siswa yang pertama. Pemberian materi ini dalam bentuk PPT dan dilakukan secara online melalui aplikasi Google Meet. sebelumnya para siswa sudah diberitahukan untuk mendownload aplikasi Google Meet agar dapat mengikuti kegiatan KMbD ini.

Sesuai dengan kesepatan yang dibuat dengan masyarakat sasaran, materi yang akan di bahan yaitu materi SMA kelas XI, yaitu Koloid, Larutan Penyangga, dan Asam Basa. Sebelum melakukan bimbingan terlebih dahulu melakukan proses pembuatan materi berupa PPT ini dengan menggunakan sumber buku SMA kelas XI semester dua dan buku Metode cling semua materi kimia. Proses pembuatan materi ini dilakukan kurang lebih selama tiga hari. Setelah tiga hari pembuatan materi PPT besoknya melakukan kegiatan bimbingan bersama masyrakat sasaran. Hari sebelumnya memberikan penguman melalui grup WhatsApp bahwa akan di adakannya kegiatan bimbingan yang pertama.

Ke esokkannya, melakukan kegiatan memberikan bimbingan dan melakukan diskusi bersama siswa yang pertama dengan materi yang di bahas yaitu materi koloid. Pada proses memberikan penjelasan kepada masyarakat sasaran, siswa dapat memberikan pertanya pada setiap slide yang di tampilkan. Durasi dalam bimbingan dan diskusi bersama siswa yang pertama menghabiskan waktu kurang lebih satu jam dan di ikuti oleh semua siswa yang menjadi masyarakat sasarn yang berjumlah lima orang.

Tentang Penulis