Memberikan Edukasi Kepada Masyarakat Sasaran Mengenai Pentingnya Media Social Whatsapp Dalam Memasarkan Produk Hasil Pertaniannya

PENTINGNYA MEDIA SOSIAL WHATSAPP DALAM MEMASARKAN HASIL PERTANIAN MASYARAKAT  DI DESA PENYABANGAN DIKALA PANDEMI COVID19 

Kegiatan 2

     Setelah melaksanakan kegiatan di hari pertama berupa pengenalan dan diskusi mengenai program inti yang akan dilaksanakan. Hari ini merupakan hari kedua pelaksanaan program kerja. Sesuai dengan jadwal hari ini merupakan kegiatan dimana mahasiswa memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya media social dalam memasarkan hasil produknya dikala pandemic ini. Sebelum memaparkan mengenai program yang akan dijalankan, mahasiswa terlebih dahulu memberikan bimbingan kepada masyarakat sasaran terkait dengan jadwal pelaksanaan program kerja selama sebulan kedepan. Dalam pemberiaan bimbingan jadwal ini, mahasiswa memberikan arahan melalui media whatshapp.

     Untuk program kerja selanjutnya, media yang  mahasiswa berikan kepada masyarakat sasaran dalam pemberian edukasi yaitu dengan menggunakan video sederhana. Dengan pemberian video sederhana ini kepada masyarakat, mahasiswa berharap edukasi ini dapat dengan mudah dimengerti oleh para masyarakat sasaran dana tentunya dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari. Dalam video tersebut, mahasiswa memaparkan mengenai  pentingnya media whatsapp saat ini dalam memasarkan hasil produknya. Pada dasarnya para masyarakat sasaran sudah tidak awam dengan aplikasi ini, namun cara penggunaannya dalam memasarkan produklah yang belum dipahami oleh masyarakat sasaran. Oleh sebab itulah mahasiswa memberikan video ini dengan tujuan agar nantinya media social whatsapp dapat digunakan secara maksimal terutama dalam hal memasarkan hasil pertaniannya dikala pandemic ini sehingga tujuan awal mahasiswa yaitu menambah penghasilan para masyarakat sasaran dapat terlaksana dengan baik.

     Adapun inti yang terdapat pada video tersebut berupa pentingnya media whatsapp dalam memasarkan hasil produknya, seperti yang diketahui nahwa selama pandemic ini masyarakat sasaran yang bekerja sebagai petani kehilangan mata pencariaanya karena banyak hotel yang tutup sejak pandemic ini, akibatnya para masyarakat sasaran mengalami penurunan pendapatan akibat tidak bisa mendistribusikan hasil pertaniannya ke hotel. Oleh sebab itu media pemasaran ini merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan oleh masyarakat sasaran dalam memasarkan hasil pertaniannya, sehingga dengan pemaparan edukasi ini diharapkan masyarakat dapat memasarkan hasil pertaniannya lewat media social dan tentunya masyarakat sasaran akan mendapatkan pendapatan tambahan dari kegiatan ini. 


Berikut ini merupakan video yang digunakan sebagai media edukasi kepada masyarakat masyarakat sasaran mengenai materi pentingnya media social whatsapp dalam memasarkan hasil produk pertaniaanya. 






Tentang Penulis
Ni Komang Ditha Ananda Putri Puspitasari