Memberikan Edukasi Melalui Sebuah Vidio Tentang Pentingnya Media Sosial Dalam Pemasaran Produk
- Oleh I Kadek Yogi Prandika
- Friday 17/07/2020
- Kelompok 332, Kelompok, Kelompok
Media sosial adalah sebuah
media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi,
berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Media
sosial juga dapat diartikan sebagai sebuah kelompok aplikasi berbasis internet
yang dibangun atas dasar idiologi dan teknologi serta memungkinkan penciptaan
dan pertukaran user generated content. Pada saat ini media sosial berkembang
sangat pesat. Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang
bisa memiliki media sendiri. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses
menggunakan sosial media dan jejaring internet. Kita sebagai pengguna sosial
media dengan bebas mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar,
video, grafis dan berbagai model content lainnya. Media sosial adalah
mengenai menjadi manusia biasa yang saling membagi ide, bekerja sama, dan
berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berpikir, berdebat, menemukan orang
yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun sebuah komunitas. Intinya,
menggunakan media sosial menjadikan seseorang sebagai diri sendiri. Selain
kecepatan informasi yang bisa diakses dalam hitungan detik, menjadi diri
sendiri dalam media sosial adalah alasan media sosial berkembang pesat. Tidak
terkecuali, keinginan untuk aktualisasi diri dan kebutuhan
menciptakan personal branding.
Berbicara mengenai pentingnya media sosial, maka sudah
dapat kita ketahui bahwa media sosial sangatlah penting karena dapat memudahkan
kita dalam berkomunikasi maupun berinteraksi antar sesama. Tidak hanya itu,
dewasa ini media sosial sering digunakan oleh orang untuk melakukan sebuah
bisnis atau mempromosikan sebuah bisnisnya agar cepat dikenal oleh masyarakat
luas. Banyak sekali cara yang bisa digunakan
untuk mempromosikan produk yang anda jual. Salah satunya yaitu dengan konsep
pemasaran virtual atau digital marketing. Konsep digital marketing di Indonesia
sudah semakin sering digunakan dan dipastikan semakin berkembang. Sekarang ini
banyak media sosial yang bermunculan dengan berbagai fitur yang bisa
dimanfaatkan sebagai medaia berpromosi. Promosi bisa dilakukan dengan jejaring
sosial yang mampu menghapus waktu dan jarak. Maka dari itu, penggunaan media
sosial sebagai media promosi semakin gencar dilakukan. Sudah selayaknya anda
sebagai pengusaha di bidang offline maupun online memanfaatkan kecanggihan
teknologi untuk menarik calon konsumen. Penggunaan media sosial akan menarik
para konsumen untuk menggunakan jasa atau membeli produk yang di pasarkan.
Pemanfaatan media sosial dengan benar akan
membuat produk anda bisa semakin laku keras dan tenar. Sudah banyak sekali
bukti dari kesuksesan media sosial sebagai sarana berpromosi. Digital marketing
di Indonesia semakin sering digunakan sebagai cara untuk berpromosi sampai
mendongkrak penjualan.
Oleh karena pemasaran melalui media
online sangatlah penting, maka saya dalam melaksanakan KMbD (Kkn Mandiri
berbasis Daring) memberikan sedikit edukasi kepada masyarakat sasaran atau
pengrajin sokasi Desa Tigawasa melalui sebuah vidio tentang pentingnya media
sosial dalam pemasaran produk. Berdasarkan hasil survei yang saya lakukan
sebagian besar pengrajin bambu Desa Tigawasa belum memanfaatkan media sosial
dalam memasarkan sokasinya. Oleh sebab itu juga saya memberikan edukasi kepada
masyarakat pengrajin sokasi. Dari vidio tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan
adanya pemasaran melalui media sosial maka produk yang kita jual akan cepat
dikenal oleh masyarakat luas sehingga dapat meningkatkan penjualan. Apalagi ditengah
pandemi Covid-19 ini sangat diperlukan pemasaran online untuk mempertahankan
produk kita di pasaran. Semoga edukasi ini dapat diterima dengan baik oleh
masyarakat dan dapat merubah pola pikir masyarakat pengrajin sokasi.