Memberikan Edukasi Melalui Sebuah Vidio Tentang Pentingnya Media Sosial Dalam Pemasaran Produk

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blogjejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Media sosial juga dapat diartikan sebagai sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun atas dasar idiologi dan teknologi serta memungkinkan penciptaan dan pertukaran user generated content. Pada saat ini media sosial berkembang sangat pesat. Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang bisa memiliki media sendiri. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan sosial media dan jejaring internet. Kita sebagai pengguna sosial media dengan bebas mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis dan berbagai model content lainnya. Media sosial adalah mengenai menjadi manusia biasa yang saling membagi ide, bekerja sama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berpikir, berdebat, menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun sebuah komunitas. Intinya, menggunakan media sosial menjadikan seseorang sebagai diri sendiri. Selain kecepatan informasi yang bisa diakses dalam hitungan detik, menjadi diri sendiri dalam media sosial adalah alasan media sosial berkembang pesat. Tidak terkecuali, keinginan untuk aktualisasi diri dan kebutuhan menciptakan personal branding.

Berbicara mengenai pentingnya media sosial, maka sudah dapat kita ketahui bahwa media sosial sangatlah penting karena dapat memudahkan kita dalam berkomunikasi maupun berinteraksi antar sesama. Tidak hanya itu, dewasa ini media sosial sering digunakan oleh orang untuk melakukan sebuah bisnis atau mempromosikan sebuah bisnisnya agar cepat dikenal oleh masyarakat luas. Banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk yang anda jual. Salah satunya yaitu dengan konsep pemasaran virtual atau digital marketing. Konsep digital marketing di Indonesia sudah semakin sering digunakan dan dipastikan semakin berkembang. Sekarang ini banyak media sosial yang bermunculan dengan berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan sebagai medaia berpromosi. Promosi bisa dilakukan dengan jejaring sosial yang mampu menghapus waktu dan jarak. Maka dari itu, penggunaan media sosial sebagai media promosi semakin gencar dilakukan. Sudah selayaknya anda sebagai pengusaha di bidang offline maupun online memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menarik calon konsumen. Penggunaan media sosial akan menarik para konsumen untuk menggunakan jasa atau membeli produk yang di pasarkan. Pemanfaatan media sosial dengan benar akan membuat produk anda bisa semakin laku keras dan tenar. Sudah banyak sekali bukti dari kesuksesan media sosial sebagai sarana berpromosi. Digital marketing di Indonesia semakin sering digunakan sebagai cara untuk berpromosi sampai mendongkrak penjualan. 

Oleh karena pemasaran melalui media online sangatlah penting, maka saya dalam melaksanakan KMbD (Kkn Mandiri berbasis Daring) memberikan sedikit edukasi kepada masyarakat sasaran atau pengrajin sokasi Desa Tigawasa melalui sebuah vidio tentang pentingnya media sosial dalam pemasaran produk. Berdasarkan hasil survei yang saya lakukan sebagian besar pengrajin bambu Desa Tigawasa belum memanfaatkan media sosial dalam memasarkan sokasinya. Oleh sebab itu juga saya memberikan edukasi kepada masyarakat pengrajin sokasi. Dari vidio tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pemasaran melalui media sosial maka produk yang kita jual akan cepat dikenal oleh masyarakat luas sehingga dapat meningkatkan penjualan. Apalagi ditengah pandemi Covid-19 ini sangat diperlukan pemasaran online untuk mempertahankan produk kita di pasaran. Semoga edukasi ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan dapat merubah pola pikir masyarakat pengrajin sokasi.

 

Tentang Penulis
I Kadek Yogi Prandika