Memberikan Edukasi Mengenai COVID 19 Kepada Masyarakat Sasaran

Selasa, 7 Juli 2020 merupakan hari kedua saya melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Mandiri berbasis Daring (KMbD). Pada tahun ini sedikit berbeda pelaksanaan KKN dari tahun tahun sebelumnya. Pada tahun ini penyelenggaraan KKN berbasis daring, dimana diakibatkan oleh pendemi yang tak kunjung berakhir. Dari akhir tahun 2019 hingga saat ini pertengahan tahun 2020, sudah 6 bulan virus ini mewabah ke seleuruh penjuru dunia.

Pada hari kedua ini, saya memberikan edukasi mengenai virus corona atau yang lebih dikenal dengan COVID 19. Banyak dari masyarakat yang belum mengetahu secara jelas apa itu virus corona, terutama masyarkat yang saya jadikan mitra dalam KMbD kali ini. Ada Sebagian masyarakat hanya mengetahui bahwa virus corona itu mematikan, padahal jika dilihat dari angka kesembuhan dengan pasien yang meninggal jauh lebih banyak angka kesembuhan, tetapi angka positifnya jauh melebihi angka kesembuhannya. Hal ini menunjukan bahwa virus menyebar sangat cepat dari satu orang ke orang yang lain.

Saya memulai kegitan pada hari ini tidakk sesuai dengan jadwal kegitan yang telah saya buat, dikarenakan masyarakat sasaran yang saya pilih sibuk dengan berjualan ikan. Sehingga saya meminta kesepakan kepada mereka mengenai waktu kegitan yang akan kita lakukan. Setelah saya memberikan mereka pilihan mereka memilih pukul 14.00 WITA untuk memulai kegitan pada hari ini.

Setelah waktu pelaksanaan telah disepakati, saya memulai dengan memberikan penjelasan apa aitu virus corona, bagaimana cara virus tersebut menginfeksi orang, gejala-gejala apa saja yang akan muncul jika terinfeksi virus tersebut serta cara mencegah agar kita tidak tertular ketika berada diluar rumah ketika melakukan aktifitas sehari hari untuk memnuhi kebutuhan hidup.

Penjelasan yang saya berikan telah usai, masyarkat yang menjadi sasaran yang telah saya pilih memberikan pertanyaan mengenai virus corona, ada yang bertanya tentang obat virus corona, pentingnya penggunaan masker, cara penularan dari virus tersebut dan mengenai perjalan antar kota yang dilakukan di tengah pandemic saat ini. Pada saat saya sedang memberikan jawaban atas pertanyaan dari masyarakat sasaran ada kendala, yaitu hilangnya sinyal dari handphone saya, sehingga mengaharuskan saya menunggu hingga sinyal dari handphone saya muncul Kembali.

Setelah semua pertanyaan dari masyarakat sasaran telah saya jawab, berakhirlah kegiatan yang saya lakukan bersama masyarkat sasaran pada hari ini.