Memberikan Evaluasi kepada Masyarakat Sasaran

          Kali ini saya akan memberikan evaluasi berupa 20 soal objektif kepada masyarakat sasaran sesuai dengan materi yang ada pada video pembelajaran yang telah diberikan. Evaluasi ini harus dilakukan agar dapat mengetahui bagaimana keefektifan belajar dengan menggunakan video bagi siswa SD di masa pandemi saat ini serta apakah video pembelajaran tersebut dapat membuat siswa tertarik untuk belajar dan juga dapat memahami materi dengan baik atau tidak, dan sebagainya.

         Kegiatan pada Senin, 26 Juli 2021 saya membuat soal objektif di Microsoft Word yang sesuai dengan video pembelajaran tersebut. Kemudian Selasa, 27 Juli 2021 saya memindahkan soal tersebut pada Google Form agar lebih mudah memberikannya kepada masyarakat sasaran. Google Form ini sudah diatur seperti kuis. Dimana masing-masing soal bernilai 5 apabila jawaban benar dan bernilai 0 apabila jawaban salah. Setelah selesai menjawab, masyarakat sasaran dapat melihat berapa skor yang didapat serta dapat mengetahui soal mana yang jawabannya kurang tepat. 

         Selanjutnya pada Rabu, 28 Juli 2021 saya memberikan link Google Form yang telah berisi soal kepada masyarakat sasaran melalui WhatsApp grup. Kemudian memberikan waktu kepada masyarakat sasaran untuk mempelajari kembali video pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya agar dapat menjawab evaluasi dengan baik. Setelah itu pada Kamis, 29 Juli 2021 saya mengecek bagaimana hasil dari evaluasi yang telah di kerjakan oleh masyarakat sasaran. Ternyata hasilnya sudah sangat baik, dimana rata-rata nilai yang diperoleh masyarakat sasaran sekitar 80 - 100. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sasaran dapat menyimak dan memahami materi pada video pembelajaran dengan baik. Dan dapat disimpulkan bahwa belajar dengan menggunakan video bagi siswa SD dapat berjalan dengan efektif dan menyenangkan.

          Adapun link Google Form yang sudah berisi soal evaluasi adalah sebagai berikut:  https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSf35sRXJxxBnD3l7MbEwQWFmVkEBZC9GoAS7aWebvhaYNdFzQ/viewform?usp=pp_url

Tentang Penulis