: Memberikan informasi mengenai aplikasi pembelajaran daring, yaitu Google Meet dan juga memberikan informasi mengenai cara penggunaan media Power Point untuk membuat sebuah video pembelajaran yang menarik.

Pada tanggal 23 Juli 2021, saya memberikan informasi serta edukasi secara umum mengenai aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat video pembelajaran. 

Ringkasan :

Video pembelajaran merupakan bahan ajar yang diberikan melalui tayangan gambar bergerak disertai suara, alur, dan pesan-pesan. 

Google Meeting adalah aplikasi video conference gratis yang dapat digunakan melalui browser dan aplikasi smartphone. Google Meet mendukung penggunaan di PC atau laptop melalui browser dan Android atau iOS melalui aplikasi Google Meet. Cara Menggunakan Google Meet di PC atau laptop sangat mudah, karena kalian dapat menggunakan browser yang sudah terpasang seperti Google Chrome, Microsoft Edge, Opera, Firefox, Safari dan sebagainya.

Power Point adalah software yang dipakai untuk merancang bahan presentasi dalam bentuk slide. Power Point merupakan program aplikasi presentasi dalam komputer. Dengan bantuan software tersebut, seseorang bisa membuat bentuk presentasi profesional dengan mudah dimana presentasi tersebut dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran.

Adapun aplikasi yang dapat digunakan yang kiranya bapak dan ibu sering dengar yaitu Power Point, Powtoon, Animaker, Canva, Kinemaster, Google Meeting, Google Classroom, Zoom Meeting dan sebagainya. 

Pada program kali ini saya memberikan 2 jenis aplikasi yang dapat diuji cobakan yaitu Power Point dan Google Meeting.

Mengapa? Karena Power Point sudah disediakan di setiap laptop atau PC tidak memerlukan jaringan. Sedangkan Google Meeting merupakan aplikasi berbasis web jadi tidak memerlukan penginstalan yang penting terdapat jaringan. 

Tentang Penulis