Memberikan Materi 2 Kepada Masyarakat Sasaran
- Oleh Kellyna Marshanda Putri Pramana
- Tuesday 20/07/2021
- Kelompok 243, Kelompok, Kelompok
Pada hari Jum’at, 16 Juli 2021 dilakukan pemberian materi terkait branding dan social media marketing melalui WhatsApp Group. Dalam pemberian materi kedua disertai pula sesi diskusi. Tujuan pemberian materi yaitu memberi penjelasan yang lebih rinci dan mengedukasi masyarakat sasaran. Hal ini dikarenakan masyarakat sasaran belum terlalu memahami dan juga belum mampu memaksimalkan kegiatan branding dan social media marketing pada online shop masing-masing. Padahal kegiatan tersebut sangat penting dalam menunjang perkembangan bisnis online shop dan jika konsisten dilakukan maka memperoleh keuntungan bahkan mengalami kemajuan. Materi yang sudah dibuat berbentuk PowerPoint (PPT) dan telah dibagikan kepada masyarakat sasaran di Kelurahan Banyuasri, Kabupaten Buleleng. Pemberian materi dilakukan secara daring guna turut memutus rantai penyebaran COVID-19, demi keselamatan seluruh pihak.
Materi yang dibahas yaitu penjelasan branding dan social media marketing, disertai contohnya yaitu branding dan social media marketing pada aplikasi yang tengah digandrungi di masa pandemi (Instagram dan Tiktok). Selain itu, penulis memberikan penjelasan singkat dalam bentuk vidio mengenai branding dan social media marketing (optimalisasi dan strategi) serta contoh konten vidio mempromosikan produk yang nantinya dapat di upload di akun online shop. Sangat diharapkan dengan materi-materi yang telah diberikan, masyarakat sasaran dapat merealisasikan dan melakukannya secara konsisten. Setelah materi dikirim, masyarakat sasaran membaca dan memahami dahulu dan satu jam berikutnya diberikan waktu diskusi terkait hal yang belum dipahami atau ada hal yang ingin ditanyakan oleh masyarakat sasaran. Kemudian, penulis memberi jawaban atas pertanyaan yang telah diajukan sesuai pengetahuan dan ditambah dari sumber di internet. Pemberian materi ini turut membantu dalam menunjang kegiatan selanjutnya, yaitu masyarakat sasaran dapat menerapkan atau mempraktikkan kegiatan branding dan social media marketing pada bisnis online shop masing-masing dan penulis akan membimbing masyarakat sasaran dalam melaksanakan kegiatan.